Pastikan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Kunjungi Puskesmas Dobo

  • Whatsapp

Pastikan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Kunjungi Puskesmas Dobo

 

Bacaan Lainnya

Dobo, Upeks.co.id – Guna memastikan pelayanan yang baik terhadap peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Ambon melaksanakan kunjungan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bernama Puskesmas Dobo, Kabupaten Aru pada Rabu (19/05).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Ambon, Koriandri Rante Tadung menyampaikan bahwa selain untuk memberikan gambaran jelas mengenai kendala yang di hadapi FKTP di lapangan, kunjungan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan jalinan komunikasi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan Puskesmas.

“Dari data tahun 2020 sampai dengan Maret 2021 rasio rujukan di Puskesmas Dobo selalu di atas rujukan standar, yaitu 12%, khusus di tahun 2021 terjadi peningkatan rasio rujukan setiap bulannya. Dengan kunjungan ini kita menjadi tahu apa tantangan yang dihadapi di lapangan sehingga bisa dicari solusi terbaik,” ungkap Koriandri.

FKTP memiliki kontribusi penting karena sebagai lini terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini perlu menjadi perhatian pula agar FKTP bisa menerapkan pelayanan kontak tidak langsung. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Pemberian pelayanan kontak tidak langsung ini merupakan pemberian pelayanan kesehatan melalui sistem informasi yang digunakan oleh FKTP dan peserta melalui sistem informasi yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan sebagai sarana komunikasi atau konsultasi dua arah. Pelayanan kontak tidak langsung ini kemudian dicatat dalam dokumen pendukung seperti log book dan akan diperhitungkan sebagai angka kontak,” tambah Koriandri.

Menanggapi agenda kunjungan BPJS Kesehatan Cabang Ambon. Kepala Puskesmas Dobo Maria M. Karemy, memberikan apresiasinya dan berharap ke depannya akan terjalin komunikasi yang baik dengan BPJS Kesehatan sekaligus menjadi evaluasi bagi Puskesmas Dobo.

“Dengan adanya kunjungan dari BPJS Kesehatan dalam rangka supervisi ke Puskesmas Dobo, kami mendapatkan kejelasan mengenai alur pelayanan. Kunjungan ini juga merupakan evaluasi atas capaian Puskesmas Dobo. Semoga nantinya dapat dilakukan perbaikan terhadap hasil evaluasi kegiatan ini,” ujar Maria.(rls)

Pos terkait