Optimalkan Aplikasi e-Dabu PD Pemda, BPJS Kesehatan Ambon Gelar Sosialisasi

  • Whatsapp

Optimalkan Aplikasi e-Dabu PD Pemda, BPJS Kesehatan Ambon Gelar Sosialisasi

Ambon, Upeks.co.id – Guna mengoptimalkan penggunaan aplikasi e-Dabu PD Pemda, BPJS Kesehatan Cabang Ambon mengadakan “Sosialisasi Aplikasi e-Dabu PD Pemda”, pada Rabu (23/06). Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Ambon, Andi Muh. Irfan menjelaskan bahwa aplikasi e-Dabu PD Pemda ini dikhususkan bagi peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang didaftarkan oleh pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

“Aplikasi e-Dabu PD Pemda merupakan aplikasi berbasis website yang memberikan kemudahan dan kecepatan pendaftaran dan perubahan data bagi Pemda yang telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sebelum adanya aplikasi e-Dabu PD Pemda, proses pendaftaran bagi peserta PBPU BP Pemda masih manual dengan mengirimkan data melalui email atau datang ke Kantor Cabang, dengan adanya aplikasi ini, nantinya hal tersebut tidak perlu lagi,” ujar Irfan.

Ditambahkan oleh Irfan, aplikasi e-Dabu PD Pemda memiliki fitur yang mudah dan efisien agar mudah digunakan. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa mendukung pemerintah daerah dalam melakukan berbagai upaya inovasi pelayanan administrasi kepada masyarakat.

“Ada beberapa fitur dalam aplikasi tersebut, yaitu pendaftaran, mutasi data, penonaktifan, cetak Kartu Indonesia Sehat, manajemen tiket, dan monitoring laporan. Aplikasi ini dapat mendukung Pemerintah Daerah dalam melakukan inovasi layanan kepada masyarakat. Misalnya dalam pendaftaran bayi baru lahir, ada daerah yang membuat inovasi ketika bayi baru lahir sudah langsung mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Kepesertaan JKN-KIS. Dengan menggunakan aplikasi ini, admin dapat langsung melakukan pendaftaran sehingga lebih efisien,” tambah Irfan.

Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Tual, drg. Maxie M.B Tinggogoy, menyampaikan antusiasme dan apresiasi terhadap aplikasi e-Dabu PD Pemda karena akan memudahkan dalam penambahan atau pengurangan peserta.

“Aplikasi ini bagus dan kami butuhkan, dengan aplikasi ini kami dapat melakukan akses peserta segmen PBPU BP Pemda, baik itu penambahan maupun pengurangan dan dengan aplikasi ini dapat memperlancar pelayanan bagi peserta,” ujar Maxie.(jamkesnews)

Pos terkait