Menikmati Hari Tua bersama JKN-KIS

  • Whatsapp

 

Narasumber : Sitti Muhajjang
Narasumber : Sitti Muhajjang

 

Bacaan Lainnya

Kendari, Upeks.co.id – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membuat napas lega bagi masyarakat yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dengan biaya terjangkau. Sitti Muhajjang (57) merupakan warga Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Ia seorang peserta JKN-KIS yang terdaftar pada segmen Bukan Pekerja (BP) statusnya sebagai penerima pensiunan TNI tanggungan dari suaminya.

Ia menceritakan pengalamannya menggunakan kartu JKN-KIS saat ditemui pada ruang tunggu salah satu rumah sakit milik pemerintah di Kota Kendari, Jumat (07/05).

Baginya kehadiran BPJS Kesehatan merupakan pendamping memasuki usia lanjut yang rentan terkena penyait tanpa harus memikirkan biaya pelayanan kesehatan yang semakin mahal dan sewaktu-waktu bisa saja terjadi seperti yang dialaminya harus dilarikan ke UGD.

“Sejak menjadi penerima pensiun TNI kami secara otomatis terdaftar sebagai peserta Askes yang saat ini disebut sebagai JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan. Ini merupakan pengalaman pertama saya mendapatkan pelayanan rawat inap sebagain peserta JKN-KIS yang sebelumnya beberapa kali hanya rawat jalan pada Puskesmas ataupun rumah sakit,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sitti mengungkapkan kebahagiaannya akan pelayanan yang ia dapatkan sangat baik dan tidak ada perbedaan dengan pasien umum. Saat ini ia tidak khawatir lagi menikmati hari tua akan bayangan biaya rumah sakit yang mahal sejak mendapatkan pelayanan kesehatan rawat inap tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Saya juga telah menyampaikan kepada keluarga dan tetangga yang datang membesuk agar tidak ragu untuk menggunakan kartu JKN-KIS asalkan sesuai dengan prosedur yang berlaku pasti akan dijamin,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangan dengan tim Jamkesnews, Sitti mengungkapkan harapannya agar BPJS Kesehatan selalu memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dengan adanya Program JKN-KIS terutama bagi kami para penerima pensiun TNI yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar iuran. Semoga BPJS Kesehatan selalu memberikan banyak kemudahan untuk seluruh masyarakat,” tuturnya.(rls)

Pos terkait