Masuk 10 Besar Tingkat Nasional, Pemkab Enrekang Terima Penghargaan Paritrana Award 2020

  • Whatsapp
Masuk 10 Besar Tingkat Nasional, Pemkab Enrekang Terima Penghargaan Paritrana Award 2020

ENREKANG, UPEKS.co.id — Setelah beberapa bulan yang lalu Pemkab Enrekang menerima penghargaan dari BPJS ketenagakerjaan atas partisipasinya sehingga 95 persen tenaga honorer tercover BPJS Ketenagakerjaan, kini Pemkab Enrekang kembali menerima Penghargaan tingkat Nasional Dari BPJS Ketenagakerjaan Atas Partisipasi sehingga mendapatkan Paritrana Award Tahun 2020.

Penghargaan diserahkan Irham Hasyim Kepala Bidang Kepesertaan mewakili Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo dan diterima langsung Bupati Enrekang Muslimin Bando di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang, kemarin.

Bacaan Lainnya

Irham Hasyim kepada Upeks menjelaskan penghargaan kali ini diterima Bupati cdari Pusat karena partisipasi Kabupaten Enrekang sudah masuk ketingkat Nasional. Pemerintah Kabupaten dan Provinsi diperlombakan ke tingkat Nasional. Sementara itu perkembangannya posisi Kabupaten Enrekang sudah berada pada posisi 95 persen sehingga patut mendapatkan penghargaan.

” Secara Nasional Kabupaten Enrekang untuk perlindungan program Aparat Desanya sudah masuk level10 besar tingkat Nasional dari 412 Kabupaten/kota di Indonesia”. Kata Irham Hasyim.

Dia mengungkapkan, pada dasarnya Enrekang bisa masuk dalam level 3 tingkat Nasional seandainya saja sudah memenuhi seluruh kriteria yang diminta. Ada beberapa hal yang belum terpenuhi yakni pekerja rentan yang belum dibiayai oleh Pemkab Enrekang.

” Salah satunya adalah, di Enrekang belum ada  pekerja rentan yang tercover BPJS Ketenagakerjaan yang dibiayai oleh Pemkab Enrekang. Sebenarnya sudah ada yang tercover di BPJS tapi masih mandiri, belum dibiayai oleh Pemerintah Daerah”. Pungkasnya.

Pekerja rentan yang dimaksud adalah mereka yang menjalankan pekerjaannya dengan resiko tinggi

” Jadi jika pekerja rentan ini meninggal dunia atau mengalami kecelakaan karena pekerjaannya maka keluarga yang ditinggalkan itu bisa saja jatuh miskin. Itu definisi dari pekerja rentan”. Ujarnya.

Bupati Enrekang mengatakan, dengan  adanya BPJS ini sangat membantu PNS, Masyarakat, dan utamanya tenaga honorer bisa terbantu sampai keluarganya .

” Untuk itu apa yang telah kita capai saat ini harus kita pertahankan, benahi yang perlu dibenahi dan kalau perlu tingkatkan kinerja kita”. Ujar Muslimin Bando.

Penghargaan yang diterima Pemkab Enrekang, setidaknya Bupati telah memikirkan bagaimana agar ribuan tenaga honorer bisa mendapatkan jaminan hari tua dengan mendaftarkan para tenaga honorer masuk dalam BPJS Ketenagakerjaan. (Sry).