Kasus Covid-19 di Enrekang Terus Meninggi, Kadiskes Minta Masyarakat Tetap Waspada dan Patuhi Protkes

  • Whatsapp
Kasus Covid-19 di Enrekang Terus Meninggi, Kadiskes Minta Masyarakat Tetap Waspada dan Patuhi Protkes
Kepala Dinas Kesehatan Enrekang, Sutrisno

ENREKANG, UPEKS.co.id – Dalam tiga hari terakhir Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Enrekang mengalami lonjakan pasien positif yang sangat signifikan

Lonjakan yang sangat tinggi tercatat pada Rabu 28 Juli hingga Jumat, 30 Juli dengan jumlah penambahan kasus positif Covid-19 mencapai 37 kasus.

Bacaan Lainnya

Bahkan, pada tanggal 29 Juli lalu penambahan kasus sempat pecahkan rekor kasus terbanyak dalam sehari di Kabupaten Enrekang yakni bertambah 27 kasus.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Enrekang, Sutrisno membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi Upeks.

Sutrisno mengatakan, 37 kasus baru dinyatakan positif setelah dilakukan pengambilan Swab dan hasil RT-PCRnya.

Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut adalah pasien dengan nomor kasus ke-524 sampai kasus ke-560.

Mereka pun saat ini ada yang menjalani masa perawatan di Rumah Sakit Massenrempulu dan ada yang isolasi mandiri.

Penambahan 37 kasus baru positif Covid-19 baru itu tersebut berasal dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Enrekang.

“Iya empat hari terakhir bertambah 37 kasus baru pasien positif Covid-19, ini tentu suatu signal agar kita terus waspada dan taat protkes,” kata Sutrisno.

Sutrisno mengatakan, mayoritas kasus baru merupakan pasien yang punya riwayat pernah keluar daerah sebelumnya.

“Mayoritas kasus baru ini punya riwayat bepergian keluar daerah, jadi kami ingatkan agar masyarakat jangan dulu keluar daerah kalau tak penting dan tetap patuhi Protokol Kesehatan (Protkes),” ujarnya.

Adanya penambahan tersebut, maka total kasus Covid-19 di Kabupaten Enrekang saat ini sudah menyentuh angka 560 kasus.

Dengan pasien yang menjalani perawatan ada 71 orang dan masih dinyatakan positif Covid-19. Terdiri dari 26 orang dirawat di rumah sakit dan 45 lainnya menjalani isolasi mandiri.

Sementara jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia ada 36 orang. Sedangkan pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 total ada 453 orang.

Sementara Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Enrekang, Asman mengatakan, adanya lonjakam kasus dalam empat hari terakhir harus membuat semua elemen berbenah dan menaati prokes.

Meski saat ini Kabupaten Enrekang berada di zona orange dan masih melakukan penerapan PPKM level dua, namun kewaspadaan dan pencegahan harus terus ditingkatkan.

“Kita terus ingatkan masyarakat agar tetap patuh pada Protkes karena lonjakan kasus sepekan terakhir cukup tinggi,” ujarnya.

Terkait ketersediaan ruang isolasi Asman mengatakan, sampai saat ini ruang isolasi pasien Covid-19 sampai saat ini masih mampu menampung pasien yang ada.

“Kalau jumlah ruangan dan tempat tidur di RSUD sampai saat ini masih cukup, karena kita sudah siapkan 33 bed dan yang terisi saat ini baru 26 bed,” jelasnya. (Sry)

Pos terkait