Kakanwil Kemenag Sulsel Pantau Penyembelihan Hewan Kurban di Kota Makassar

  • Whatsapp
Kakanwil Kemenag Sulsel Pantau Penyembelihan Hewan Kurban di Kota Makassar

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), H Khaeroni memantau penyembelihan hewan kurban di beberapa Masjid di Kota Makassar usai melaksanakan salat Iduladha di rumah dinasnya, Selasa (20/7/2021).

Tercatat 9 masjid dikunjungi Khaeroni di 6 kecamatan di Kota Makassar, yakni masjid Jami’ul Ihsan Toddopuli Kec. Rappocini, masjid Nurul Ittihaj Panaikang dan masjid Sultan Hasanuddin Kompleks UMI Racing Center di Kec. Panakkukang, masjid Raya dan Al Markaz di Kec. Bontoala, masjid Hajja Sitti Saerah Jln. Dg Sirua dan masjid Al Ashri Borong di Kec. Manggala, serta Masjid Al Muhajjirin Bumi Bung Permai di Kec. Tamalanrea.

Bacaan Lainnya

Khaeroni menyebutkan dirinya sengaja mengunjungi beberapa masjid di Kota Makassar untuk memantau prosesi penyembelihan hewan kurban yang dikoordinir langsung oleh panitia setempat.

“Pemantauan ini untuk melihat dari dekat apakah panitia dan umat yang berkurban senantiasa memperhatikan kesehatan dan keselamatan jiwanya di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” ucapnya ketika memantau penyembelihan hewan kurban di Masjid Nurul Ittihaj Jln. Urip Sumoharjo Kec. Panakkukang.

Dikatakannya, dari 9 masjid yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, pada umumnya prosesi penyembelihan, pencacahan, dan pembagian daging kurban berlangsung baik, namun masih didapati beberapa tempat yang petugas pencacah daging lupa mengenakan masker.

Kakanwil Khaeroni berharap panitia penyembelihan hewan kurban di hari tasyrik kedua dan ketiga benar-benar memperhatikan protokol kesehatan.

“Semoga besok atau lusa semuanya pada peduli protkes. Tapi saya mengapresiasi warga Makassar karena dari semua masjid yang saya kunjungi sama sekali tidak terjadi konsentrasi atau kerumunan massa. Ini artinya pendistribusian daging kurban terkoordinir dengan baik,” tuturnya.

Kakanwil yang pernah menjabat sebagai Kepala Biro di IAIN Kendari dan Salatiga ini kemudian mengakhiri pemantauannya di masjid Al Mujajirin Perumahan Bumi Bung Permai Kec.Tamalanrea. Di tempat ini warga berkurban 19 ekor sapi.

Dari perumahan Bumi Bung Permai, Kakanwil berpesan kepada warga Makassar untuk tetap menjaga protokol kesehatan, bukan hanya pada saat hari raya Idul kurban namun juga di hari-hari setelahnya.

Kakanwil juga tidak lupa menyampaikan ucapan selamat hari raya Iduladha 1442 H kepada seluruh masyarakat Sulsel yang merayakannya, dan mengajak umat untuk terus melangitkan doa ke hadirat Allah SWT agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. (rls)

 

Pos terkait