Dewi: Jika Saya Sekeluarga Sehat, Iuran JKN-KIS Bisa untuk Membantu Orang Lain

  • Whatsapp
Dewi: Jika Saya Sekeluarga Sehat, Iuran JKN-KIS Bisa untuk Membantu Orang Lain
Narasumber : Dewi Santi

Kendari, Upeks.co.id – Tujuh tahun terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang sering disebut peserta mandiri adalah bukti kesadaran dari Dewi Santi (33) akan pentingnya melindungi diri dengan jaminan kesehatan sebelum sakit. Tidak ada yang tahu sakit itu kapan datangnya, sementara untuk berobat ke fasilitas kesehatan tentu membutuhkan biaya. Jika tidak dipersiapkan sejak dini akan mempengaruhi perekonomian keluarga.

“Sejak BPJS Kesehatan hadir, saya telah memikirkan akan pentingnya Program JKN-KIS bagi keluarga saya. Ini akan mengurangi risiko akan keterpurukan ekonomi akibat biaya pelayanan kesehatan yang semakin hari semakin mahal. Walaupun harus membayar iuran setiap bulannya paling tidak sudah ada hitungan pasti untuk mengatur keuangan keluarga,” ujarnya, Jumat (18/06).

Bacaan Lainnya

Dewi menyebutkan bahwa ia dan keluarganya sangat jarang memanfaatkan kartu JKN-KIS. Hal itu membuatnya sangat bersyukur karena selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan. Menurutnya, terakhir kali kartu JKN-KIS ia gunakan adalah pada saat mengalami keguguran dan harus menjalani operasi kuretase empat tahun yang lalu. Kemudian, yang sedang berlangsung saat ini adalah untuk proses lahiran normal.

“Saya sangat menyayangkan bila masih ada masyarakat yang belum menyadari pentingnya menjadi peserta Program JKN-KIS. Dulu masyarakat yang tidak berkecukupan akan berpikir berkali-kali sebelum masuk ke rumah sakit, namun kini dengan adanya JKN-KIS seluruh segmen masyarakat yang telah terdaftar aktif dapat mengakses pelayanan kesehatan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Dewi juga menyampaikan sampai saat ini ia beserta keluarga belum pernah mengalami kendala menggunakan kartu JKN-KIS karena selalu mengikuti alur pelayanan kesehatan.

“Menjadi peserta JKN-KIS dengan membayar iuran setiap bulan untuk setiap anggota keluarga tidak membuat saya merasa rugi sedikitpun, justru malah sebaliknya. Jika keluarga saya sehat itu sama saja dengan kami telah membantu orang lain yang sedang sakit melalui iuran yang kami berikan karena Program JKN-KIS menganut sistem gotong royong,” tutur Dewi.(jamkesnews)

Pos terkait