Capai UHC 95 Persen, Pemkab Enrekang Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

  • Whatsapp

Capai UHC 95 Persen, Pemkab Enrekang Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Enrekang, Upeks.co.id – Pemerintah Kabupaten Enrekang berhasil membuktikan komitmen dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya. Hal itu ditandai dengan keberhasilan Pemda Enrekang dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC) Program JKN-KIS tahun 2021 dengan terdaftarnya 95% penduduk setempat ke dalam jaminan kesehatan.

Bacaan Lainnya

Atas pencapaian tersebut, Pemerintah Kabupaten Enrekang menerima Piagam Penghargaan UHC yang diserahkan oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sulselbartramal, Beno Herman kepada Bupati Enrekang, Muslimin Bando, Rabu (16/06).

Beno mengatakan, pmerintah menetapkan bahwa untuk dapat dikatakan UHC setidaknya 95 persen penduduk terdaftar dalam JKN-KIS. Pencapaian tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah daerah hadir memberikan kepastian perlindungan atas jaminan kesehatan bagi penduduknya.

“Pencapaian UHC adalah wujud nyata kepedulian pemerintah daerah terhadap jaminan Kesehatan penduduknya. Semoga pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi kabupaten lain yang belum mencapai UHC sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan perlindungan kesehatan melalui jaminan kesehatan sesuai dengan amanat undang-undang,” ujar Beno.

Menanggapi hal tersebut, Muslimin pun menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap apresiasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan atas pencapaian tersebut.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Enrekang mendapatkan penghargaan atas UHC yang telah dicapai. Harapan kita bersama semoga ke depannya 100% penduduk Kabupaten Enrekang dapat ter-cover dalam Program JKN-KIS,” ujar Muslimin.

Muslimin juga menyampaikan harapannya agar peningkatan peserta Program JKN-KIS berbanding lurus dengan fasilitas dan kualitas layanan kesehatan yang disediakan sehingga masyarakat dapat memperoleh haknya sebagai peserta JKN-KIS.

Selain itu, Pemda Kabupaten Enrekang juga mengimbau seluruh OPD untuk bersama-sama menyukseskan Program JKN-KIS sesuai dengan kewenangannya masing-masing.(jamkesnews)

Pos terkait