Bupati Jeneponto Lepas Tiga Truk Bantuan Beras PPKM Bagi PKH dan BST

  • Whatsapp
Bupati Jeneponto Lepas Tiga Truk Bantuan Beras PPKM Bagi PKH dan BST

JENEPONTO, UPEKS.co.id – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar secara simbolis melepas 3 (tiga) truk pengangkut bantuan beras PPKM untuk keluarga penerima manfaat Program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial tunai (BST) di Gudang Bulog Empoang, Senin (26/7/2021).

Seperti diketahui dampak pandemi Covid-19 tidak hanya berimbas pada kesehatan saja tetapi juga pada sektor vital lainnya yakni sosial dan Ekonomi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dari sisi kesehatan sejak mewabahnya, covid-19 telah menelan puluhan ribu korban jiwa, pada sektor sosial pun demikian masyarakat terpaksa mengikuti pola hidup baru dengan berbagai macam aturan yang dibuat pemerintah sebagai pemangku kebijakan, mulai dari lockdown, PSBB, PPKM darurat dan yang terbaru penerapan PPKM Level 1 sampai 4.

Dari berbagai macam kebijakan yang ada selanjutnya memberi efek domino, tak terkecuali sektor ekonomi masyarakat mengalami kemandekan karena produksi, mobilisasi dan transaksi barang/jasa yang menurun akibat pembatasan.

Dari kekawatiran itu, dampak sosial ekonomi akibat pandemi kini menjadi fokus utama pemerintah dengan berbagai macam sentuhan program salah satunya berupa bantuan sosial tunai (BST).

Terkait hal tersebut Bupati Jeneponto Iksan Iskandar bersama Kapolres, Dandim, Kepala Perum Bulog Cabang Bulukumba dan Sekda Jeneponto menggelar launching bantuan beras PPKM untuk Keluarga Penerima Manfaat (PKM) di gudang Bulog Jalan Kelara dengan secara simbolis melepas 3 (tiga) buah truk yang selanjutnya secara bertahap mendistribusikan bantuan beras kepada masyarakat di 11 (sebelas) kecamatan Se-kabupaten Jeneponto.

Bantuan beras itu sendiri adalah merupakan program kolaborasi antara perum Bulog dengan pemerintah daerah.

Kepala Perum Bulog Cabang Bulukumba Ervina Zulaiha dalam sambutan menyampaikan program tersebut di dasarkan pada surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 511.2/4014/SJ tentang penyaluran beras bagi keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial tunai (BST) melalui cadangan beras pemerintah (CBP) tahun 2021.

Menurut data yang disampaikan Ervina Zulaiha bahwa secara nasional sebanyak 10 juta KPM PKH dan 10 juta KPM BST lebih khusus pemerintah daerah Jeneponto akan mendapatkan bantuan sebanyak 35.555 jiwa.

“Bekerja sama dengan perum Bulog, pemerintah kabupaten Jeneponto akan menyalurkan bantuan beras yang bersumber dari APBN kepada 35.555 jiwa KPM. Sasaran kegiatan sesuai data KPM PKH dan KPM BST yang tercatat dalam data Kemensos,” jelas Ervina.

Sebanyak 24.864 jiwa KPM PKH dan 10.691 jiwa KPM BST total 35.555 jiwa dengan masing-masing KPM mendapatkan jatah 10Kg beras.

Di sela-sela kegiatan Bupati Jeneponto menyampaikan apresiasi kepada pemimpin Bulog yang telah bersedia menjadikan kabupaten Jeneponto sebagai salah satu daerah penerima bantuan.

Di kesempatan itu, Ia juga mengharapkan agar di tengah pemberlakuan kebijakan PPKM ketersediaan stok pangan masyarakat tetap terpenuhi.

“Terima kasih kepada pemimpin Bulog atas kolaborasinya, saya berharap kebutuhan pangan masyarakat di tengah pandemi ini tetap terpenuhi, ” pungkas Iksan Iskandar. (Ari Lau)

 

Pos terkait