Bupati Harapkan Kehadiran Perempuan Bisa Berikan Warna Pada Pembangunan di Desa

  • Whatsapp
Bupati Harapkan Kehadiran Perempuan Bisa Berikan Warna Pada Pembangunan di Desa

BANTAENG,UPEKS.co.id — Bupati Bantaeng DR.H.Ilham Azikin membuka secara resmi Pelatihan Sekar Desa dan BPMAD Bagi BPD Perempuan — PERKASA(Perempuan Kawal Desa) Sekabupaten Bantaeng,Secara face to Face dan Virtual,yang berlangsung selama tiga hari yakni mulai 27 hingga 29 juli 2021,di Hotel Ahriani Bantaeng.

 
Bupati Bantaeng dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah merupakan sesuatu yang memberikan dampak perubahan yang besar pada ruang BPD dan ini sangat penting,secara kuantitatif dan kita sudah melampaui dimana 32% dari perempuan BPD jika melihat fenomena ini kita tuntas terkait kesetaraan dan bukan lagi sesuatu yang baru dalam mengangkat isu kesetaraan dari segi kuantitatif dan mulai hari ini bagaimana ruang kuantitatif yang sudah terpenuhi bisa melahirkan perempuan yang memiliki kualitas sebagai proses dalam menemu kenali potensi dalam melakukan perubahan di desa.
 
Ketika orang selalu menanyakan terkait kesetaraan berapa kuota perempuan dalam ruang publik dan saya berharap pelatihan ini bisa menjawab semua itu.Dan berapa pun angka secara kuantitatif diharapkan kehadiran perempuan bisa memberi warna pada pembangunan yang ada di desa dan diharapkan melalui pelatihan ini bisa menghadirkan teman PERKASA di desa yang mampu menemu kenali persoalan dan mempunyai kemampuan untuk menemukan kebijakan yang perlu mendapatkan perhatian,dimana setiap kebijakan yang lahir di desa harus senantiasa terbangun sinergitas dan selalu lineair dengan arah kebijakan mulai tingkat desa sampai kabupaten.
 
Banyak isu yang perlu dikawal dan menjadi konsen teman PERKASA yaitu,PAUD,Pengendalian stunting,kesehatan ibu dan anak dan besar harapan kehadiran PERKASA dapat memastikan persoalan tersebut serta dapat mendorong masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan.
 
Kami berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada hari ini saja tetapi kami harapkan setiap OPD terkait nanti bisa memberikan peningkatan kapasitas,jelas dia.
Sementara itu Baharuddin Solongi Sebagai DC KOMPAK Bantaeng mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk Peningkatan kapasitas BPD Perempuan melalui Sekar desa(Sekolah Anggaran desa)dan PBMAD(Pembelajaran Mandiri Aparatur Desa) serta Melahirkan Tenaga Fasilitator Sekolah Anggaran Desa dan Pembelajaran Mandiri Aparatur Desa dari BPD Perempuan.

Bacaan Lainnya

Selain itu,juga Memberikan Pengenalan dan Advokasi pembentukan BPD PERKASA dan Penyusunan Model Forum Komunikasi BPD PERKASA,jelasnya.

Lanjut kata dia,Adapun outputnya yaitu meningkatnya Kapasitas BPD Perempuan tentang Sekar desa dan PBMAD serta Terlatihnya 48% BPD Perempuan sebagai Fasilitator Sekolah Anggaran Desa dan Pembelajaran Mandiri Aparatur Desa.

Selanjutnya,Juga Tersosialisasikannya Pembentukan BPD PERKASA (Perempuan Kawal Desa) dan Tersusunnya Model Forum Komunikasi BPD PERKASA serta Penyusunan RKTL,Sekar Desa,PBMAD dan BPD PERKASA,tandasnya.

Untuk Mencapai tujuan,maka metode rapat kerja dilakukan secara kombinasi antara lain,Presentasi/ceramah,tanya jawab,diskusi kelompok,diskusi pleno,penugasan dan RKTL,pungkas Baharuddin Solongi.

Kegiatan ini dihadiri Ahmar Djalil (Provincial Manager KOMPAK Sul Sel),Ibu Grace Paluyukan(KOMPAK Nasional).Juga dihadiri H.Hartawan Zainuddin(Plt Kadis PMD,PP dan PA Bantaeng),Harmoni(Sekretaris Dinas PMD,PP dan PA Bantaeng)dan Badiul Hadi(Seknas FITRA).(Irwan.Patra)