Bupati Budiman Optimis Dapat Izin Kelola Wisata Pulau Bulu Poloe

  • Whatsapp
Bupati Budiman Optimis Dapat Izin Kelola Wisata Pulau Bulu Poloe

KLUTIM, UPEKS.co.id — Hampir setiap akhir pekan, Bupati Luwu Timur (Lutim), H. Budiman rutin mengajak serta Kepala OPD melakukan rapat koordinasi di lokasi objek wisata. Rakor sekaligus refreshing, juga bertujuan untuk melihat lebih dekat objek wisata potensial di wilayah Lutim.

Setelah sebelumnya di Desa Loeha Pesisir Danau Towuti, kemudian pekan berikutnya di Pesisir Danau Matano Kecamatan Nuha. Kali ini rapat koordinasi di lakukan di Pulau Bulu Poloe Desa Harapan Kecamatan Malili, Sabtu (24/7/2021).

Bacaan Lainnya

Bupati Budiman Optimis Dapat Izin Kelola Wisata Pulau Bulu Poloe

Pulau Bulu Poloe berlokasi di Teluk Bone, Desa Harapan Kecamatan Malili. Sekitar 1 jam lebih menggunakan perahu motor masyarakat, rombongan Bupati tiba di Pulau Bulu Poloe dari Pelabuhan Laut Desa Pasi-Pasi Kecamatan Malili.

Keindahan alam Pulau Bulu Poloe begitu memesona. Panorama pasir putih hampir terlihat di sekeliling pulau. Bahkan uniknya, ada sumber air tawar di Pulau tersebut. Objek wisata Bulu Poloe yang artinya gunung terbelah dalam bahasa Indonesia itu juga banyak menyimpan kisah mitos yang diyakini masyarakat sekitar.

Salah satunya mengisahkan bahwa nama Bulu Poloe ini erat kaitannya dengan cerita Sawerigading sang Pangeran Putra Raja Luwu, Batara Lattu. Dikisahkan bahwa pulau itu berasal dari patahan gunung yang tertimpa Pohon Walenreng. Kemudian sisa patahan pohon Walenreng itu akhirnya digunakan untuk membangun kapal yang digunakan oleh Sawerigading.

Bupati Budiman Optimis Dapat Izin Kelola Wisata Pulau Bulu Poloe

Dalam rapat itu, Bupati Lutim, H. Budiman sangat berharap dapat mengelola Pulau Bulu Poloe untuk dijadikan objek wisata unggulan. Namun hal tersebut menjadi kendala, karena Pulau Bulu Poloe itu bukan kewenangan pemerintah daerah.

“Kami berharap bisa mengelola Pulau Bulu Poloe ini dengan baik. Nanti kami akan berkoordinasi dengan Pemerintah provinsi maupun pusat agar kami mendapatkan izin untuk mengelola objek wisata Bulu Poloe ini,” jelasnya.

Orang nomor satu di Lutim ini yakin jika Pulau Bulu Poloe di kelola dengan baik akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Usai melakukan rapat koordinasi, Bupati Lutim juga menyempatkan melakukan diving bersama komunitas Mori Diving Club. (hms/ikp/kominfo)

 

Pos terkait