Bupati Basli Ali Temui Danlantamal VI, Selayar Akan Miliki Pangkalan TNI AL

  • Whatsapp
Bupati Basli Ali Temui Danlantamal VI, Selayar Akan Miliki Pangkalan TNI AL

SELAYAR, UPEKS.co.id – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) akan segera membangun Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) Tipe C di wilayah Kepulauan Selayar.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh Basli Ali sesaat setelah melakukan kunjungan ke Markas Komando Armada (Koarmada) II Pangkalan Utama TNI AL VI di Makassar, Kamis (29/7/2021).

Bacaan Lainnya

Kunjungan Bupati Basli Ali tersebut diterima langsung oleh Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, beserta jajarannya.

Bupati Basli Ali Temui Danlantamal VI, Selayar Akan Miliki Pangkalan TNI AL

Dalam kunjungannya, Bupati Basli melakukan koordinasi sekaitan dengan progres rencana pembangunan dan peningkatan Pos Angkatan Laut yang ada di Kepulauan Selayar menjadi Pangkalan TNI AL Type C.

Pembangunan Lantamal di Kepulauan Selayar, Basli mengungkapkan bahwa menjadi pertimbangan pihak Lantamal VI Makassar adalah posisi dan wilayah Laut Selayar yang berada pada posisi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2 dan ALKI 3.

“Menurut pantauan dan data pihak Lantamal VI Makassar, pelayaran pada alur laut Selayar ini, sangat tinggi frekuensinya. Kapal-kapal asing banyak lewat, karena merupakan jalur utama perdagangan dunia, disebutkan tak kurang dari 500 Kapal perharinya melalui jalur ini” papar Bupati.

Oleh karena itu, Pertimbangan AL, lanjut Basli Ali, keberadaan pangkalan militer AL di Kepulauan Selayar sangat diperlukan untuk meningkatkan basis keamanan NKRI, dan diharapkan dengan adanya Markas TNI AL ke depannya pengawasan lalu lintas laut wilayah teritorial Indonesia dan Selayar khususnya menjadi lebih efektif dan lebih maksimal.

Dan untuk mendukung rencana pembangunan tersebut, mendasari Surat Permohonan Lantamal VI Makassar, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar diminta mempersiapkan penambahan lahan seluas 10 Ha yang terletak di Kassabumbung Desa Bungaiyya, guna memenuhi persyaratan administrasi pembangunan Lanal Type C Kepulauan Selayar sesuai ketentuan dan standarisasi Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Sebelumnya beberapa waktu lalu Bupati Kepulauan Selayar kepada Danlantamal Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari juga telah menyerahkan Sertifikat Tanah hibah yang terletak di Kelurahan Puta Bangun Kecamatan Bontoharu seluas 9.926 m² dan satu lagi terletak di kompleks TPI Kelurahan Benteng Selatan Kecamatan Benteng seluas 2.003 m². (Sya)

 

 

Pos terkait