BPJS Kesehatan Dukung Program Pemda Mamuju Tengah “Satu Hari Tuntas”

  • Whatsapp

BPJS Kesehatan Dukung Program Pemda Mamuju Tengah “Satu Hari Tuntas”

 

Bacaan Lainnya

Mamuju, Upeks.co.id – Dalam rangka meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder, BPJS Kesehatan Cabang Mamuju menggelar Forum Kemitraan Dengan Para Pemangku Kepentingan bersama dengan Pemda Mamuju Tengah, Rabu (05/05). Direktur RSUD Mamuju Tengah, dr. Patunrengi mengungkapkan bahwa Forum Kemitraan Mamuju tengah kali ini berfokus pada perbaikan pelayanan kesehatan yang selama ini masih belum sesuai dengan standar absensi klaim.

“Absensi klaim RSUD Mamuju Tengah tahun 2017 – 2018 tidak pernah mencapai N-2. Sehingga kami membuat inovasi program Satu Hari Tuntas. Pada akhirnya hasil absensi klaim adalah N-2. Akibatnya, pembayaran klaim dari BPJS kesehatan kepada RS juga meningkat dalam kurun Januari sampai dengan Maret 2021. RS akan mengupayakan pengajuan klaim JKN-KIS menjadi N-1,” ungkap Patunrengi.

Ia menambahkan bahwa untuk antrean online yang ada di Mamuju tengah saat ini masih dalam proses integrasi dengan aplikasi Mobile JKN, tetapi untuk tampilan tempat tidur sudah tampil pada aplikasi tersebut.

“Antrean online RS sementara on proses bridging dengan Mobile JKN. Display tempat tidur sudah tampil di Mobile JKN. Terdapat sekitar 13 ribu kunjungan di 2019 dan 7 ribu kunjungan di 2020. Bed occupancy rate di 2019 sekitar 40% dan bed occupancy rate di 2020 sekitar 18%,” lanjut Patunrengi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju St. Umrah Nurdin memberikan apresiasi kepada kepala RSUD Mamuju tengah atas inovasi yang dilaksanakan. Hal itu tentunya akan mendorong pelaksanaan Program JKN-KIS yang lebih optimal.

“Absensi klaim merupakan langkah awal BPJS Kesehatan dalam melakukan pembayaran klaim di rumah sakit. Oleh karena itu apabila ada program yang baik itu tentu akan mempengaruhi cashflow rumah sakit. Jadi harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” ujar Umrah.

Umrah berharap koordinasi yang baik terus dilakukan antara BPJS Kesehatan Cabang Mamuju dengan RSUD Mamuju tengah.

“RSUD Mamuju Tengah dapat melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan terkait Absensi klaim JKN dan klaim Covid-19 jika terdapat kendala dalam hal pengajuan klaim. Klaim JKN direspon oleh BPJS Kesehatan, sementara klaim Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan,” tuturnya.(rls)

Pos terkait