BPJS Kesehatan Ambon Sosialisasikan e-Dabu kepada Badan Usaha

  • Whatsapp

BPJS Kesehatan Ambon Sosialisasikan e-Dabu kepada Badan Usaha

 

Bacaan Lainnya

Ambon, upeks.co.id – Optimalisasi layanan kesehatan dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan melakukan peningkatan mutu layanan dan penyederhanaan proses administrasi agar lebih mudah dan cepat. BPJS Kesehatan Cabang Ambon melakukan sosialisasi Elektronik Data Badan Usaha (e-Dabu) bertempat di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon. Kegiatan dihadiri secara langsung sejumlah badan usaha secara langsung maupun daring, Kamis (20/05).

Sosialisasi ini sangat penting sebagai upaya BPJS Kesehatan bersinergi dengan seluruh badan usaha sehingga dapat saling mengetahui perkembangan terbaru dan permasalahan yang dialami oleh badan usaha. Aplikasi e-Dabu merupakan aplikasi berbasis website yang akan memudahkan mengakses data administrasi peserta JKN-KIS dari Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha.

“Aplikasi ini berbasis website sehingga tidak perlu install. Dapat diakses melalui komputer mau pun handphone. Masing-masing badan usaha dapat memiliki satu user yang dapat diakses oleh PIC dari badan usaha tersebut,” urai Pps. Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Andi Baso Mallo.

Beberapa fitur bisa dimanfaatkan oleh badan usaha untuk mendaftarkan dan mengelola data pekerjanya, terutama terkait jaminan kesehatan. Hal ini tentu membuat badan usaha menjadi lebih mudah dan cepat ketika melakukan akses status data pekerja.

“Melalui aplikasi e-Dabu, badan usaha dapat melakukan mengelola dan mengecek data pekerjanya. Bisa melakukan penambahan/pengurangan peserta dan/atau anggota keluarga, mencari data pekerja, menonaktifkan pekerja, mengubah gaji, cek tagihan, melihat riwayat pembayaran, dan mencetak kartu Indonesia sehat,” tambah Andi.

Ditemui secara terpisah seusai acara, perwakilan HRD PT Hasrat Abadi Motor, Alberto Dudung, menyampaikan dengan adanya kegiatan sosialisasi e-Sabu ini sangat membantu badan usaha guna memonitor status kepesertaan BPJS Kesehatan para karyawannya.

“Sosialisasi ini membantu kami, khususnya saya di bagian HRD. Dalam pertemuan tadi dibahas mengenai hak-hak pekerja dan diberikan penjelasan mengenai adanya aplikasi e-Dabu yang mempermudah badan usaha dalam memperbarui data-data karyawan. Harapan saya agar ke depannya kegiatan ini tetap dilaksanakan untuk menambah ilmu kami para PIC dari badan usaha,” ujar Alberto.(rls)

Pos terkait