APRI Bulukumba Dikukuhkan, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulsel

  • Whatsapp
APRI Bulukumba Dikukuhkan, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulsel

BULUKUMBA, UPEKS.co.id — Usai Mendarat di Pelabuhan Bira setelah menuntaskan rangkaian kunjungan kerja (Kunker) selama dua hari di Kabupaten Kepulauan Selayar, kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melanjutkan agendanya di Kabupaten Bulukumba.

Agenda Pertama di Kabupaten yang berjuluk Butta Panrita Lopi ini adalah mengukuhkan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Bulukumba yang dilaksanakan di Aula KUA Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba, Sabtu (3/7/2021).

Bacaan Lainnya

Selain dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni, acara Pengukuhan ini juga diikuti oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah H. Rappe, Kakankemenag Bulukumba H. Muhammad Yunus, dan sejumlah Kepala Seksi di Lingkup Bidang Urais Kanwil.

Sekretaris PW. APRI Sulsel, Ahmad Jazil yang membacakan Surat Keputusan (SK) PC. APRI Kab. Bulukumba masa bakti 2021-2025 diketahui bahwa yang menakhodai PC. APRI Bulukumba adalah H. Amri Syam selaku Ketua, Syarifuddin di posisi Sekretaris, dan Akmal sebagai Bendahara. Para pengurus langsung dikukuhkan oleh Kakankemenag Bulukumba.

Dalam laporannya, Ketua Umum Pengurus Wilayah APRI Prov. Sulsel, A. Muh. Yusuf Hakim menyampaikan bahwa sesuai amanah UU terkait peluang pembentukan organisasi profesi jabatan fungsional, maka Penghulu se-Indonesia menjadikan APRI didirikan pada 17 Juli 2019 sebagai Induk organisasinya.

“Untuk Sulsel PC. APRI Bulukumba merupakan kepengurusan yang ke-18 yang sudah dikukuhkan,” sebutnya.

APRI yang dilahirkan ini bertujuan untuk memperjuangkan aspirasi dan melakukan advokasi bagi para Penghulu, dan yang tak kalah pentingnya Penghulu diharapkan mengambil peran strategis dalam menyukseskan program Kemenag yang memiliki irisan tugas pokok dan fungsi Penghulu.

“Khususnya lagi dalam mengawal dan melaksanakan program prioritas Menteri Agama RI yakni Revitalisasi KUA serta Moderasi Beragama di tengah umat,” kata Ketua APRI Sulsel menyemangatii.

Kakankemenag Kabupaten Bulukumba, H. Muhammad Yunus dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas amanah menunjuk salah satu KUA di Kab Bulukumba yakni KUA Kecamatan Ujung Bulu sebagai salah satu pilot program revitalisasi KUA di Sulsel.

“Dalam upaya mewujudkan program tersebut pihak Kemenag sudah melakukan kerja sama dan kesepakatan kepada sejumlah instansi terkait seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Infokom, Baznas Kab. Bulukumba, dan masih banyak lagi lainnya untuk memback up Program Revitalisasi KUA tersebut,” papar Muhammad Yunus.

Dalam arahannya, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, H. Khaeroni mengaakan bahwa penghulu harus menjadi pemberi keselamatan kepada orang lain baik dalam teks maupun konteks pada tugas pokok dan Fungsinya, yang barang tentu harus sesuai Regulasi yang sudah ada.

Di akhir acara, dilaksanakan juga penyerahan izin operasional TK/TPA dan Rumah Tahfidz binaan Penyuluh Agama Kab. Bulukumba, serta launching Layanan Penyuluh Agama Islam Kec. Bonto Bahari oleh Kabid Urais dan Pembinaan Syariah Kanwil yang tugasnya akan melayani umat, khususnya dalam hal Konsultasi Keagamaan seperti Ibadah Haji dan Umrah, konseling Rumah Tangga, Bimbingan Pernikahan, Tahfidz, Tahsin dan Tilawah Alquran, Kemasjidan dan Majelis Taklim Serta Zakat, Hibah, Wakaf, Infaq dan Sadaqah. (rls)

 

Pos terkait