Antisipasi Lonjakan Covid-19, Masyarakat Diminta Terapkan Protokol Ekstra Ketat

  • Whatsapp
Antisipasi Lonjakan Covid-19, Masyarakat Diminta Terapkan Protokol Ekstra Ketat

Makassar, Upeks–Mengantisipasi lonjakan Covid-19 di Makassar, Pemkot Makassar meminta warganya untuk menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) ekstra ketat.

Prokes yang dimaksud yakni menggunakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Bacaan Lainnya

Hal itu di terapkan mengingat melonjaknya kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia. Hal itu tertuang dalam kebijakan Pemkot Makassar dalam Surat Edaran Wali Kota Makassar Nomor: 443.01/334/S.Edar/Kesbangpol/VII/2021 tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar.

Pemkot Makassar membatasi aktivitas mal, hotel dan restauran hingga pukul 05.00 sore.

Aturan itu berlaku selama 14 hari, mulai 6-20 Juli 2021.

Edaran yang dikeluarkan pada Selasa 6 Juli 2021 itu ditandatangani langsung oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

“Kegiatan pada pusat perbelanjaan, mall dan pusat perdagangan jam operasional sampai dengan pukul 17.00 Wita, dan pembatasan kapasitas pengunjung hanya 25% dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ekstra ketat,” tegasnya dalam edaran tersebut.

Kebijakan ini juga berlaku untuk kegiatan makan minum di tempat umum, baik itu warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, dan lapak jajanan. Entah itu di lokasi sendiri ataupun di wilayah pusat perbelanjaan.

“Jam operasional tetap sampai pukul 17.00 Wita, dengan kapasitas 25%. Kalau untuk layanan pesan antar diizinkan sampai pukul 20.00 Wita. Sedangkan restoran yang hanya melayani pesan antar dibolehkan beroperasi 24 jam,” ujar dia. (*)

Pos terkait