PERKARA Demo, Minta Inspektorat Lakukan Audit Terhadap Baznas Enrekang

  • Whatsapp
PERKARA Demo, Minta Inspektorat Lakukan Audit Terhadap Baznas Enrekang

ENREKANG, UPEKS.co.id — Pergerakan Koalisi Rakyat (PERKARA) Kabupaten Enrekang mendatangi Kantor Inspektorat Enrekang untuk menyampaikan aspirasi masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan anggaran dana Hibah 2020 oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang, Kamis (33/7/2021).

Misbah, Ketua PERKARA Enrekang meminta kepada Inspektorat untuk melakukan audit secara profesional kepada Baznas Enrekang. Dia meminta seluruh elemen yang memiliki Kapasitas dalam hal ini segera melakukan pemeriksaan kepada Baznas.

Bacaan Lainnya

Terkait dana hibah  temuan BPK senilai Rp800 juta yang disinyalir disalahgunakan Baznas, PERKARA meminta agar Inspektorat dan penegak hukum mengusut tuntas hal tersebut. Menurutnya temuan itu menjadi keresahan bagi masyarakat yang selama ini mempercayai Baznas sebagai tempat mengumpulkan zakat mereka.

“Hasil investigasi kami secara Kelembagaan bahwa ada kejanggalan pada realisasi penggunaan dana hibah tahun 2021 sebesar Rp 1,316 350.000 habis hanya untuk belanja pegawai/ Pengurus Baznas saja”. Ujarnya.

Untuk itu, pendemo yang dikoordinir Risman sebagai Jendral lapangan mendesak Inspektorat untuk melakukan audit kepada Baznas secara Integritas. Mendesak DPRD Kabupaten Enrekang menindaklanjuti hasil rekomendasi Pansus ke Pemerintah, Meminta Polres dan Kajari Enrekang melakukan Pemeriksaan terhadap pengelolaan anggaran Baznas Enrekang dan mewujudkan supremasi hukum dan institusi yang terintegritas di Kabupaten Enrekang.

Selain mendatangi Kantor Inspektorat, PERKARA juga mendatangi DPRD, Polres dan Kejari Enrekang. (Sry).