Kantor UPP Kelas III Selayar dan Kantor UPP Kelas III Jampea Gelar Program Padat Karya

Kantor UPP Kelas III Selayar dan Kantor UPP Kelas III Jampea Gelar Program Padat Karya

Selayar, Upeks.co.id — Kantor UPP Kelas III Selayar dan Kantor UPP kelas III Jampea menggelar Program padat Karya T.A 2021 di pelabuhan Rauf Rahman, kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis (15/7/2021) pagi.

Kegiatan ini mengusung tema “program padat karya sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah membantu masyarakat yang terdampak Covid- 19”

Bacaan Lainnya
 

Kegiatan padat karya yang berlangsung dengan penerapan  protokol kesehatan ketat dibuka oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH, dan dihadiri Kepala UPP kelas III Selayar,  Taufan Eka Putra, S.Si, T., M.Si, Kepala UPP Kelas III Jampea, Anwar Karim, S.T., M.M., Staf UPP kelas III Selayar, Hasbullah, S.Sos., Kadis Perhubungan, Drs. Suardi,  Camat Benteng, Lurah Benteng, Lurah Benteng Selatan, Para Pegawai dan Staf Kantor Pelabuhan Kelas III Selayar dan kantor pelabuhan Kelas III jampea, para tim pelaksana program padat karya, serta puluhan peserta program padat karya.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH. dalam sambutannya mengatakan bahwa Program padat karya dilingkungan direktorat jendral perhubungan laut melalui kantor UPP kelas III Selayar dan Kantor UPP Kelas III Jampea merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam, Tanaga kerja dan tekhnologi lokal.

“Selain penciptaan lapangan kerja, program padat karya ini juga bertujuan memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat yang diharapkan mampu membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat, “Jelas Wabup Saiful Arif.

Lanjut Wabup mengatakan, Kehadiran program padat karya ditengah tengah masyarakat kabupaten kepulauan Selayar sangat membantu dalam meringankan beban warga ditengah pandemi Covid- 19 yang berdampak pada ekonomi sebagian besar masyarakat Selayar.

Olehnya itu melalui kesempatan ini saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mengucapkan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi tingginya kepada kepala kantor unit Penyelenggara pelabuhan kelas III Selayar dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan jampea yang telah mewujudkan program ini di Kabupaten Selayar. Jelasnya lagi

Selain itu kata Wabup Saiful Arif, bahwa  pelaksanaan kegiatan padat karya ini menggunakan anggaran APBN pada lingkungan direktorat jendral perhubungan laut sehingga kami berharap pada masa yang akan datang agar pemerintah pusat dalam hal ini direktorat jendral perhubungan laut dapat melanjutkan kegiatan padat karya ini dengan melihat begitu banyak jenis kegiatan padat karya pada sektor perhubungan laut yang dapat dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan selayar. Pungkasnya.

Mengakhiri keterangannya, Ia berharap kepada masyarakat yang direkrut pada program padat karya ini kiranya bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik baiknya demi terwujudnya hasil yang efektif dan efisien sesuai dengan sasaran program yang ditetapkan. Ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Pelabuhan Kelas III Selayar, Taufan Eka Putra, S.Si, T., M.Si, mengatakan bahwa program padat karya kali ini di selenggarakan oleh dua UPT yaitu Unit Penyelenggara pelabuhan kelas III Selayar dan Unit Penyelenggara pelabuhan Kelas III Jampea.

“Program padat karya tahun Ini melibatkan 130 tenaga kerja dan tata cara kerja dari program ini tidak membutuhkan skil yang khusus melainkan hanya melakukan pemeliharaan dan fasilitas fasilitas yang ada di pelabuhan,” ucapnya.

Dia juga berharap semoga dengan adanya  kegiatan ini, masyarakat bisa terbantu baik yang terdampak langsung maupun yang  tidak terdampak langsung akibat pandemi Covid- 19 sehingga ekonomi masyarakat bisa lebih meningkat.

Hal Senada disampaikan, Kepala Kantor UPP Kelas III Jampea, Anwar Karim, S.T., M.M. bahwa kegiatan program padat karya kantor unit pelabuhan kelas III Selayar dan Kantor Unit Pelabuhan Kelas III Jampea tahun anggaran 2021 ini bertujuan dalam rangka memberdayakan masyarakat kurang mampu yang produktif dan mengurangi jumlah pengangguran, memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong serta meningkatkan sosial Budaya dan ekonomi.

“Jumlah tenaga kerja yang terlibat pada program padat karya kali ini sebanyak 130 orang yang merupakan masyarakat yang berdomisili disekitar pelabuhan laut Selayar dan pelabuhan laut Jampea,” ucapnya.

Lanjut dikatakan bahwa sesuai dengan anggaran unit kantor penyelenggara kelas III Selayar dan unit Penyelenggara Kelas III Jampea meliputi kegiatan pemeliharaan, perawatan sarana dan prasaran dan fasilitas pelabuhan Selayar dan jampea.

“Program padat karya juga bertujuan mengurangi beban masyarakat sekitar yang terdampak pandemi Covid- 19, dan diharapkan dengan program ini dapat menyerap tenaga kerja secara maksimal sehingga dapat terlaksana dengan baik,”  jelasnya.

Dia juga katakan bahwa, Program padat karya ini sudah terlaksana sejak 4 tahun yang lalu dan sesuai dengan keputusan direktur jenderal perhubungan laut no 73 tahun 2018 tentang cara cara pengelolaan program padat karya di lingkungan kementrian perhubungan dan khusus di Selayar ini didampingi oleh komite dua

Anggota DPD RI Provinsi Sulsel, Andi Muh. Ihsan.

Terpantau, kegiatan ini ditandai dengan Penyerahan rompi kerja oleh Wakil Bupati kepulauan selayar dan diakhiri dengan Foto bersama. (Sya)