Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim; UKW Tingkatkan Keahlian dan Kualitas Wartawan

  • Whatsapp
Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim; UKW Tingkatkan Keahlian dan Kualitas Wartawan

Pare, Upeks.co.id–Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe SH MH diwakili Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim mengaku atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Parepare menyambut gembira atas pelaksanaan Uji Kompetensi wartawan (UKW) yang dilaksanakan PWI Sulsel di Kota Cinta Habibie Ainun, Parepare.

Pemerintah Kota Parepare, kata mantan Anggota DPRD Sulsel itu, melalui UKW dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian wartawan sehingga menambah kualitas.

Bacaan Lainnya

”Maka, wartawan profeisonal diminta agar menjujung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) sesuai dengan UU No 40 Tahun 1999. Selain itu, dituntut agar meningkatkan kemampuan dan kompetensi, dan diharapkan dapat meningkatkan SDM di bidang pers,” ujarnya dalam pembukaan UKW Angkatan ke-23 di Kota Parepare.

Ia mengungkapkan, PWI sebagai wadah terbesar dan tertua di Indonesia sudah banyak membantu pemerintah daerah (Pemda). Baik dalam rangka meningkatkan pembangunan maupun dalam hal kritikan.

Maka diharapkan wartawan dapat bersinergi dengan pemda demi mendorong pembangunan. Olehnya itu, lanjut dia, pentingnya kerjasama media massa dan pemerintah dalam melawan distorsi informasi di era digital. Apa lagi di masa pandemi Covid-19. Diapun berharap agar media bisa memberikan berita yang mengedukasi masyarakat, dan berharap semua bersikap bijak dalam menerima sebuah berita.

“Wartawan diharap meningkatkan cek fakta dalam memberi berita. Semoga UKW dapat berlangsung suskes. Dan yang kompeten dapat meningkatkan profesionalisme dalam memberikan informasi yang positif bagi masyarakat,”ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sulsel, H Suwardi Thahir mewakili Ketua PWI Sulsel menyampaikan terima kasih kepada pengurus PWI Sulsel dan Parepare-Barru atas terlaksanakanya UKW. “Parepare mempunyai kesan yang bagus. Waktu kami (penguji) menjadi penguji pada pelaksaan UKW angkatan XXII di Kabupaten Pinrang, yang sering dicerita oleh para penguji, yaitu Parepare. Kepada Peserta terima kasih, Semoga bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dan menjadi wartawan yang kompeten. Di UKW itu tidak ada yang tidak lulus, namun yang ada hanya kompeten dan tidak kompeten. Terima kasih Pemkot Parepare yang telag memfasilitasi UKW kali ini,” ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Chairuddin Bangun mengungkapkan, Dewan Pers mendorong pemerintah kota, pemerinta kabupaten, dan pemerintah provinsi melaksanakan UKW. Sebab ini dapat menguntungkan. Bukan hanya medianya saja, tapi juga bagi masyarakat.”Karena produk jurnalistik merupakan karya intelektual yang mewakili opini publik. UKW dijadikan tempat bagi senior untuk berbagi. Banyak wartawan berpengetahuan, tapi tidak berwawasan,”ungkapnya.

Bahkan, lanjutnya, asal buat berita dengan tidak melihat dampaknya seperti apa. “Terkadang seperti ini tidak dipedulikan,”tegasnya.

Mantan wartawan Harian Kompas menyebutkan, peran wartawan bukan sekedar memberitakan tapi mengedukasi, memberi inspirasi, memotivasi dan memberi wawasan. “Kami harap setiap tahun ini dapat dianggarkan oleh Pemkot Parepare. Karena yang beruntung nanti bukan hanya masyarakat, namun pemerintah kota pun akan diuntungkan,” katanya.(rls)