Wabup Saiful Arif  Buka Pelatihan Pencarian dan Pertolongan Basarnas

  • Whatsapp
Wabup Saiful Arif  Buka Pelatihan Pencarian dan Pertolongan Basarnas
KEPULAUAN SELAYAR, UPEKSco.id– Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH membuka pelatihan potensi pencarian dan pertolongan  (Basarnas) yang ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (2/6/2021).
Turut hadir Dandim 1415 Selayar, Kapolres Kepulauan Selayar, para kepala OPD terkait dan seluruh seluruh peserta pelatihan  SAR.
Penyelenggaraan kegiatan bertujuan untuk melaksanakan pembinaan  dan koordinasi SAR antara pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Sulawesi Selatan, dengan seluruh Instansi atau organisasi berpotensi SAR di wilayah kerja kantor pencarian dan pertolongan Makassar baik yang berasal dari instansi pemerintah, TNI / Polri, organisasi maupun swasta.
Pelatihan SAR daerah dan pelatihan potensi SAR yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pembelajaran awal yang dilakukan oleh badan nasional  pencarian dan pertolongan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta pembentukan sikap mental kepada para peserta.
Wakil Bupati berharap setelah menyelesaikan progam pelatihan ini, para peserta nantinya akan memiliki sikap mental sebagai potensi SAR di bidang kemanusiaan. Harus mampu mengimplementasikan seluruh teori dan keterampilan yang didapat selama latihan untuk keperluan teknis operasional di lapangan pada saat dibutuhkan guna menangani kecelakaan atau musibah dan bencana yang terjadi dengan cepat dan maksimal, ujarnya.
“Kepada Panitia dan penyelenggara, segenap tenaga instruktur dan pembimbing selamat bekerja. Semoga latihan ini dapat berjalan dengan lancar. Saya berharap agar saudara – saudara terus menjaga kualitas pelatihan yang sudah terbina dengan baik serta memiliki visi dan misi yang sama sebagai potensi SAR sehingga hasil dari latihan dapat digunakan secara optimal,” kata Wabup Selayar.
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya disertai ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan latihan SAR daerah dan pelatihan potensi ini,” tutupnya.
Sementara Kepala Kantor Basarnas Sulawesi Selatan, Dr. Djunaedi., S. Sos,. MM mengatakan, latihan SAR daerah dan latihan potensi SAR adalah salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan tim Basarnas agar menjadi tim yang handal dalam rangka antisipasi kecelakaan atau bencana yang terjadi. Baik kecelakaan penerbangan, pelayaran, bencana alam dan kondisi yang membahayakan manusia. (Sya)