Tingkatkan Pendidikan Dasar pada Anak, DWP Lutim Ikuti Webinar

  • Whatsapp
Tingkatkan Pendidikan Dasar pada Anak, DWP Lutim Ikuti Webinar

LUTIM, UPEKS.co.id– Dalam upaya meningkatkan pendidikan dasar pada anak usia dini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat menyelenggarakan Webinar bertema “ Merdeka Belajar dalam Peta Jalan Pendidikan”, yang turut diikuti oleh DWP Kabupaten Luwu Timur (Lutim), di Ruangan Media Center Diskomfo, Kamis,(24/06/2021).

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Sekretaris DWP Kabupaten, Masrurah Salman, Ketua Bidang Pendidikan, Marwiah Labesse beserta jajaran pengurus DWP Lutim.

Bacaan Lainnya

Melalui materi yang disampaikan, Wika Sakarinto menyampaikan, kurang memadainya hasil belajar pendidikan dasar dan menengah disebabkan karena kualitas guru, infrastruktur, dan kesenjangan pada pemerintah.

“Guru bertindak sebagai pemberi ilmu, bukan sebagai fasilitator, dan terkadang kurang atau tidak fokus pada pengembangan karakter,” kata Wika.

Tingkatkan Pendidikan Dasar pada Anak, DWP Lutim Ikuti Webinar

 

Selain itu, Penasihat DWP Kemendikbudristek, Franka Makarim mengatakan, kita perlu menyadari bahwa peranan seorang ibu bagi pendidikan anak sangatlah besar.

“Kita perlu turut peran aktif dalam upaya bercerita untuk memajukan dan menjadikan kebijakan merdeka belajar yakni memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya bagi anak-anak berpikir, belajar, berkarya dapat kita wujudkan mulai pendidikan di rumah, dengan mengubah pola pikir kita tentang pendidikan,” pungkasnya.

Tingkatkan Pendidikan Dasar pada Anak, DWP Lutim Ikuti Webinar

Ia menambahkan, saat ini penerapan cara-cara lama dalam mendidik anak mungkin masih sering dilakukan seperti, menuntut anak setuju dan menuruti kemauan kita dan anak-anak tidak diberikan kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya.

“Hal itu menyebabkan, anak-anak tidak terpercaya diri terlibat dalam diskusi dikelas dikarenakan takut dianggap jawabannya salah dan tidak bisa bertanya,” tutupnya. (ikp/kominfo)

 

Pos terkait