Pemkab Lutim Gelar FGD Penyusunan Matriks TPB/SDGS

  • Whatsapp
Pemkab Lutim Gelar FGD Penyusunan Matriks TPB/SDGS

LUTIM, UPEKS.co.id– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) melalui Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) menggelar Focus Group Discussion (FGD) atau Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Matriks Tujuan Pembangunan

Berkelanjutan (TPB/SDGS) Kab. Lutim Tahun 2021-2026, di Aula Kantor Bapelitbangda, Kamis (10/06/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Askar. Turut dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lutim, Kepala Bapelitbangda, Dohri Ashari, para Staf Ahli dan OPD terkait, dengan menghadirkan narasumber dari Bapelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan yakni Kasubid Data dan Informasi, Reza Eggy Pandevi, S.STP, MM. dan Fungsional Perencana Madya, Pebriani M. S.K.M, M.Kes.

Asisten Administrasi Umum, Askar mewakili Bupati dalam sambutannya mengatakan, tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Lanjut Askar, upaya pencapaian target TPB/SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional yang memerlukan sinergi kebijakan perencanaan di tingkat Nasional dan di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/ kota yang lebih komprehensif dengan memperluas sumber pendanaan, menekankan pada hak asasi manusia, inklusif dengan pelibatan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Media, Filantropi dan Pelaku Usaha, serta Akademisi dan Pakar.

Pemkab Lutim sambungnya, merupakan salah satu daerah yang siap untuk menyongsong TPB/SDGs, dimana Bapelitbangda telah melakukan penyusunan baseline. Sekaligus melakukan evaluasi capaian TPB/SDGs Kabupaten Luwu Timur Tahun 2016-2021 sebagaimana yang ditentukan dalam Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi TPB/SDGs yang disusun sebagai Rencana Kerja 5 (lima) tahunan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan yang secara langsung maupun tidak langsung mendukung pencapaian target Kabupaten Luwu Timur.

“Saya mengharapkan kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Lutim dapat diintegrasikan ke dalam Agenda Pembangunan Daerah melalui Penyusunan KLHS RPJMD dan RPJMD Kabupaten Lutim Tahun 2021-2025 dan pada gilirannya akan mendukung Capaian Rencana Aksi Daerah TPB/SDGs Provinsi Sulawesi Selatan serta dapat tercapai secara maksimal,” jelas Askar.

“Terakhir, yang terpenting adalah adanya sinkronisasi dan sinergitas antar program Pembangunan yang kemudian diharapkan akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah serta menjawab permasalahan terkait pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” tandasnya. (ikp/kominfo)

 

Pos terkait