Pelatihan PTPD, Kadis PMD, PP dan PA Harapkan Pemerintahan di Bantaeng Berjalan Baik dan Semakin Baik

  • Whatsapp
Pelatihan PTPD, Kadis PMD, PP dan PA Harapkan Pemerintahan di Bantaeng Berjalan Baik dan Semakin Baik

BANTAENG,UPEKS.co.id — Pemerintah Kabupaten Bantaeng Bekerjasama dengan KOMPAK Sulawesi Selatan Menggelar Pelatihan Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD) dalam rangka pengawalan Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD), Sistem Informasi Desa (SID) dan Ekonomi Lokal Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan ini diikuti 32 orang peserta yang terdiri dari Instansi terkait,P3MD,YASMIB,perwakilan fasilitator Koordukcapil, media dan KOMPAK di hotel Ahriani Bantaeng. Pelatihan berlangsung tiga hari, tanggal 9 s.d 11 Juni 2021 secara tatap muka dan virtual.

Bacaan Lainnya

Baharuddin Solongi selaku District KOMPAK Bantaeng mengatakan tujuan Pelatihan PTPD Kabupaten Bantaeng adalah sebagai Peningkatan Kapasitas kepada PTPD tentang konsep peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD)Terpadu dalam rangka pelembagaan PTPD.

Selain itu,juga Memberikan pemahaman tugas dan Fungsi PTPD sebagai pembina aparatur desa dalam
memperkuat LABKD, SID dan Peningkatan Ekonomi Lokal.

Selanjutnya kata dia, memberikan pemahaman konsep Pembelajaran Mandiri Aparatur Desa (PbMAD) dalam memperkuat peran Koordukcapil dan ekonomi lokal serta memberikan pemahaman tentang Binwas desa terkait perencanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa dan pembuatan peraturan desa terkait dengan LABKD, SID dan peningkatan ekonomi lokal.

Ditambahkan, dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kepada PTPD tentang konsep PKAD Terpadu dalam rangka pelembagaan PTPD dan meningkatnya pemahaman tugas dan fungsi PTPD sebagai pembina aparatur desa dalam memperkuat LABKD, SID dan Peningkatan Ekonomi Lokal.

“Semoga adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman konsep PbMAD dalam memperkuat peran Koordukcapil dan Ekonomi Lokal serta Meningkatnya pemahaman tentang Binwas desa terkait perencanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa dan pembuatan peraturan desa terkait dengan LABKD, SID dan
Peningkatan ekonomi lokal,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kadis PMD PP dan PA yang juga sebagai Asisten 1 Pemerintahan Setda Bantaeng H.A.Hartawan Zainuddin,SH,MH mengatakan semua perangkat daerah harus memberi peran maksimal kepada kecamatan dalam melakukan pembinaan terhadap desa.
“Jadi kenapa kita harus lakukan itu karena telah ada pelimpahan kewenangan dari Bupati kepada camat,” ujarnya.

Menurutnya, memperkuat pelimpahan itu dengan memahami regulasi yang ada agar pelaksanaan setiap tugas bisa terimplementasi di lapangan. Sehingga sistem pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Selain Bupati, ada Camat yang memimpin sebagian dari wilayah tersebut.

“Kita sangat berharap penyelenggaraan pemerintahan bisa berjalan dengan baik menuju Bantaeng yang baik dan semakin baik,” pungkasnya. (Irwan Patra)