Edukasi Petugas Lini Lapangan, Dinas PP dan KB Jeneponto Gelar Orientasi

  • Whatsapp
Edukasi Petugas Lini Lapangan, Dinas PP dan KB Jeneponto Gelar Orientasi

JENEPONTO, UPEKS.co.id — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kabupaten Jeneponto melaksanakan kegiatan Orientasi Lini Lapangan di UPT Penyuluhan KB Kecamatan Turatea, Selasa  (22/6/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Sub Bidang Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga Sri Alriah, S.Kom, MM. Selain itu, hadir Kepala UPT PP dan KB Kecamatan Turatea Samsiah Artis, seluruh IPKB/PKB yang ada di wilayah Kecamatan Turatea, sementara peserta adalah Sub-PPKBD.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PP DAN KB Kabupaten Jeneponto yang diwakili oleh Kepala Sub Bidang pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga  Sri Alriah dalam materinya mengatakan bahwa pedoman pelaksanaan penggerakan Lini Lapangan Program Kependudukan dan KB adalah acuan bagi Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel.

Kegiatan tentunya bertujuan dalam mengimplementasikan dukungan operasional penggerakan Program Bangga Kencana 2021 dalam mendukung pencapaian sasaran itu sendiri, kata Sri Alriah.

Sri Alriah menjelaskan bahwa BKKBN terus melakukan penataan pengelolaan dan pendayagunaan bagi Petugas lini lapangan. Penataan pengelolaan Penyuluh ini merupakan hal yang strategis untuk segera dilakukan.

Penataan pengelolaan dan pendayagunaan Penyuluh KB/Petugas lapangan ini bertujuan untuk menyiapkan dan menciptakan penyuluh  yang kompeten dan profesional dalam melaksanakan tugas fungsi dan perannya di lini lapangan agar tantangan-tantangan di atas dapat tercapai dengan baik, jelas Sri.

Sri Alriah menambahkan bahwa penyuluh atau petugas lapangan merupakan “ujung tombak” Program Bangga Kencana yang dihandalkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Penyuluh atau petugas lapangan merupakan pelopor penerapan 8 Fungsi Keluarga dan revolusi mental melalui Keluarga. Penyuluh lini lapangan merupakan sumber daya yang potensial dan dibutuhkan oleh masyarakat untuk diberikan informasi dan edukasi terkait pentingnya program KKBPK, ujar Sri Alriah. (Ari Lau)