85 Pelaku UKM Kolaka Belum Terima Dana Bantuan Rp2,4 Juta, Dinas Koperasi Sultra Segera Cairkan dan Transfer Bulan ini

  • Whatsapp
85 Pelaku UKM Kolaka Belum Terima Dana Bantuan Rp2,4 Juta, Dinas Koperasi Sultra Segera Cairkan dan Transfer Bulan ini
I Nyoman Suastika

KOLAKA,UPEKS.co.id– Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Tenggara (Sultra) belum menyalurkan dana bantuan stimulan tahun anggaran 2020 kepada 85 orang pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kolaka, I Nyoman Suastika, saat ditemui media ini di ruang kerjanya pada Jumat (4/6/2021) untuk dikonfirmasi terkait perkembangan ekonomi UKM sejak merebaknya pandemi Covid-19 sampai sekarang.

Bacaan Lainnya

Menurut Nyoman, sekarang adalah dana stimulan dari Dinas Koperasi Pemprov Sultra tahun anggaran 2020 sebesar Rp2,4 juta untuk setiap pelaku UKM belum ditransfer ke rekening penerima. Sementara para penerima sudah menandatangani dokumen penerimaan.

Untuk itu kata Nyoman dirinya selaku penanggung jawab di kabupaten sudah beberapa kali melakukan koordinasi kepada pihak terkait, namun ada kejelasan kapan dananya bisa ditransfer.

“Saya selaku penanggung jawab di kabupaten sudah beberapa kali melakukan koordinasi, namun tidak ada jawaban yang pasti kapan dananya bisa ditransfer ke pelaku UKM,” ungkap Nyoman.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) UKM Dinas Koperasi Sultra Rizal dikonfirmasi media melalui selulernya terkait hal itu, menjelaskan bahwa stimulan Dinas Koperasi Sultra belum cair program tahun 2020 karena anggaran tidak cukup, sehingga harus menyeberang di tahun anggaran 2021.

Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan verifikasi ulang kepada semua usaha kecil penerima bantuan serta sudah menandatangani ulang berkas penerima bantuan.

“Insyaallah Juni 2021 ini dananya sudah mulai cair, dan ditransfer ke rekening masing-masing penerima bantuan,” jelas Rizal. (pil)