28 Alumni Kebidanan FKM UMI Lulus Uji Kompetensi Bidan

  • Whatsapp
28 Alumni Kebidanan FKM UMI Lulus Uji Kompetensi Bidan

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Prestasi membanggakan diperoleh Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI). Sebanyak 26 alumni kebidanan FKM UMI yang merupakan peserta first taker (ujian pertama) lulus 100% dan meraih gelar kompeten pada Uji Kompetensi Bidan Juni 2021.

Keberhasilan itu berdasarkan Lampiran nomor 328 SK No. 520/KOM-Kes/VI/2021 tertanggal 23 Juni 2021. Tidak hanya menjadi prestasi yang membanggakan, Capaian ini sekaligus kado istimewa dalam rangka Milad UMI ke-67.

Bacaan Lainnya

Kabar baik tersebut dibenarkan Dekan FKM UMI Dr. Suharni A. Fachrin, S.Pd., SKM., M.Kes. Jumat (25/6/2021).

“Alhamdulillah, ini semua berkat doa yang dikabulkan oleh Allah, usaha para dosen dan support dari pimpinan fakultas serta universitas,” ungkapnya.

Untuk mencapai keberhasilan ini, Dr. Suharni memberikan penguatan kepada para dosen kebidanan.

“Silakan berkreasi, beradaptasi dengan keadaan, dan berinovasi untuk pengembangan fakultas dan universitas,” ujarnya.
Selain itu, persiapan menjelang uji kompetensi juga dilakukan para alumni melalui privat kepada dosen kebidanan FKM UMI.

Seperti diketahui, Uji Kompetensi memiliki peranan penting pada kualitas bidan. Uji kompetensi merupakan proses pengukuran pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi bidang kesehatan.

“Uji Kompetensi sarana melihat profesionalisme dan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai tenaga kesehatan,” katanya.

Selain itu, upaya penjaminan mutu lulusan, implementasi kurikulum dan sebagai dasar pembinaan mutu pendidikan bidang kesehatan bagi kementerian terkait.

Tujuannya, agar kualitas bidan memiliki standar kompeten berdasarkan ketentuan secara nasional. Peserta yang lulus uji kompetensi akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang digunakan sebagai syarat pengurusan STR.

Hasil yang membanggakan ini, tentu rektor dan sivitas akademika UMI merasa bersyukur atas pencapaian Prodi Kebidanan FKM UMI. Hasil ini membuktikan bahwa UMI juga sangat perhatian dalam mendidik dan mencetak calon-calon bidan yang berkualitas dan profesional.

Dr. Suharni menyebutkan, ini menjadi prestasi yang luar biasa. Artinya bidan-bidan alumni UMI tidak diragukan lagi kualitasnya, karena uji kompetensi dilakukan oleh asosiasi profesi yakni Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

“Kepada teman-teman bidan, atas prestasi yang telah diraih ini dipertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi, ke depan semoga FKM UMI bisa menjadi pelaksana uji kompetensi,” harapnya.(rls).