Menparekraf Janjikan DAK Pengembangan Pariwisata di Pangkep

  • Whatsapp
Menparekraf Janjikan DAK Pengembangan Pariwisata di Pangkep

PANGKEP, UPEKS.co.id— Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga S. Uno, berjanji akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur pariwisata di Kabupaten Pangkep, baik fisik maupun nonfisik.

Janji Sandiaga itu disampaikan di hadapan Bupati Pangkep dalam lawatannya ke Pusat Informasi Geologi (PIG) Kabupaten Pangkep, Kamis 17 Juni. “Kami mendukung sepenuhnya untuk pengembangan destinasi wisata, termasuk beberapa pulau-pulau yang tak berpenghuni di wilayah ini,” jelas Sandiaga.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya terkait pengembangan infrastruktur untuk destinasi wisata kepulauan, Sandi juga akan memberikan perhatian penuh untuk pengembangan Geoprak Maros-Pangkep, termasuk mendukung penilaian dari UNESCO pada Juli nanti. “Ini harus kita apresiasi untuk kemajuan karst Maros-Pangkep. Apalagi sudah ada PIG,” ujarnya.

Menparekraf juga berjanji akan menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk penganggaran sejumlah infrastruktur mengenai akses dalam pengembangan destinasi wisata di Pangkep. Di antaranya, infrastruktur jalan pengembangan akses Geosite, pengembangan Kawasan rumah Arajang Bissu Segeri, pembangunan aplikasi system informasi manajemen cagar budaya (Sim Cabut), serta investasi pengembangan pulau tak berpenghuni yang saat ini berjumlah sekitar 37 pulau.

“Kami akan menyiapkan semua itu dalam penganggaran baik secara regular maupun non-reguler. Kementerian menjadikan program yang focus pada pengembangan infrastruktur pariwisata,” ungkapnya.

Pada kunjungan Menparekraf di Pangkep, ditampilkan slide tentang sejumlah destinasi wisata yang membutuhkan anggaran infrastruktur menuju UNESCO global Geopark Maros Pangkep. Khusus untuk akses Geosite membutuhkan sekitar Rp38 miliar, pengembangan Kawasan rumah Arajang sekitar Rp3,5 miliar, dan pembangunan aplikasi Sim-Cabut berkisar Rp350 juta.

“Kalau ini terpenuhi, maka kebangkitan pariwisata di Pangkep akan memberikan multiplayer efek kepada semua pihak, terutama masyarakat setempat,” ujar Bupati Pangkep, Muh Yusran Lalogau.

Yusran juga memberi apresiasi yang besar kepada Menparekraf Sandiaga terkait upaya memajukan pariwisata di Indonesia, termasuk kemajuan pariwisata karst Maros-Pangkep.

Terkait kekurangan Geopark, Sandiaga, mengaku akan membenahi dengan membangun koordinasi dengan Kementerian ESDM. “Kita ingin Maros-Pangkep menjadi Geopark global,” papar Sandi.

Pada kesempatan ini, Sandiaga menyambangi pameran ekonomi kreatif yang digagas Dekranasda Pangkep di halaman PIG. Dia berharap olahan-olahan kreatif Pangkep ini bisa semakin maju. “Produk unggulan di Pangkep sangat kita apresiasi. Saya berharap Pangkep bisa menargetkan kebangkitan pariwisata, agar bisa menjadi kawasan wisata unggulan di provinsi ini,” jelasnya. (*)

Pos terkait