Kondisi Perekonomian Kolaka Tetap Stabil di Tengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Kondisi Perekonomian Kolaka Tetap Stabil di Tengah Pandemi Covid-19
Kadis Disperindag Kolaka, H Achiruddin Muharram

KOLAKA,UPEKS.co.id—Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra), H Achiruddin Muharram menjelaskan bahwa sejak merebaknya pandemi Covid-19 pada Maret 2020 sampai sekarang belum berakhir, perputaran ekonomi di Kolaka tidak terlalu terdampak.

Dari hasil pengamatan dilakukan selalu di lapangan, khususnya di pasar-pasar daya beli masyarakat terhadap kebutuhan sehari-hari tidak mengalami perubahan.

Bacaan Lainnya

Meski demikian Achiruddin mengakui adanya sejumlah usaha harus tutup, sehingga hal itu berdampak terhadap pemutusan hubungan tenaga kerja. Dikatakannya bahwa salah satu bukti kondisi ekonomi tidak terlalu besar dampaknya dengan adanya pandemi Covid-19, hampir setiap hari dilihat di jalan banyak mobil baru digunakan masyarakat.

“Itulah salah satu bukti bahwa daya beli masyarakat tetap stabil yang tidak memiliki dampak dengan adanya pandemi Covid-19,”kata Achiruddin saat ditemui Upeks di ruang kerjanya, Rabu (9/6/2021).
Selain itu kata Achiruddin, saat mulainya merebak virus Corona pihaknya selalu melakukan pasar murah di sejumlah kecamatan. Hal itu dilakukan untuk membantu masyarakat akan kebutuhan sehari-hari dengan harga separuh lebih murah dari harga yang ada di pasar atau toko.

“Jadi harga barang sisanya itu disubsidi oleh Pemda Kolaka misalnya harga minyak 1 liter harganya Rp15 ribu masyarakat hanya membayar Rp7.500,” kata Achiruddin.

Menurutnya, juga di Kolaka ini setiap tahun masyarakatnya juga semakin banyak yang naik haji, meski tahun ini Pemerintah Pusat belum mengizinkan dilakukan untuk naik haji.

“Membuktikan bahwa masyarakat memiliki finansial cukup. Apalagi saat ini aktivitas pertambangan sudah mulai berjalan, sehingga itu bisa menyerap tenaga kerja. Juga berdampak terhadap hunian hotel, rumah makan sehingga daya beli masyarakat juga semakin meningkat,” ungkapnya.

Achiruddin juga menuturkan pihaknya selaku turut bertanggung jawab percepatan penanganan penyebaran virus Covid-19. Ia senantiasa menegaskan kepada masyarakat pelaku ekonomi di pasar maupun perusahaan agar tidak lalai dalam menerapkan protokol kesehatan, selalu memakai masker, mencuci tangan , jaga jarak dan hindari berkerumun.

“Bahkan setiap turun lapangan kami juga selalu membagikan masker kepada masyarakat,” tandasnya. (pil)

 

 

 

Pos terkait