UNM-SEAMOLEC Cetak Rekor Kerja Sama

  • Whatsapp
UNM-SEAMOLEC Cetak Rekor Kerja Sama

 

Makassar, Upeks.co.id–Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama dengan SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) bersepakat bergandengan tangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Bacaan Lainnya

Komitmen kerja sama itu ditandai dengan serah terima Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.Tp., IPU dengan Direktur SEAMOLEC, R. Alpha Amirrachman, M.Phil., Ph. D. Kegiatan itu juga dilanjutkan dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur SEAMOLEC dengan 110 Prodi di lingkungan UNM.

Jumlah perjanjian kerja sama yang ditandatangani merupakan rekor terbanyak yang pernah dilakukan, baik UNM maupun SEAMOLEC. Kegiatan berlangsung di Menara Pinisi UNM dan disaksikan oleh seluruh wakil rektor, seluruh dekan, Direktur Program Pascasarjana, dan ketua lembaga di lingkungan UNM.

Rektor UNM, Husain Syam, menyambut antusias kerja sama yang dijalin antara kedua pihak. Apalagi, SEAMOLEC merupakan salah satu organisasi internasional di Kawasan Asia Tenggara yang telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Pada kesempatan itu, Rektor UNM dua periode itu menyampaikan komitmen untuk menyukseskan program yang dirancang kedua pihak.

“Pak Direktur, jangan pernah ragu. Kami berkomitmen penuh untuk mengimplementasikan program-program yang telah disepakati,” katanya.

Perjanjian kerja sama yang disepakati antara UNM dengan SEAMOLEC di antaranya dalam penyusunan kurikulum, rancangan pembelajaran, konten pembelajaran digital, dan sejumlah program pengembangan dan peningkatan kualitas pembelajaran lainnya. Sebagaimana diketahui bahwa SEAMOLEC merupakan institusi yang bernaung dibawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara.

SEAMOLEC merupakan salah satu dari 26 organisasi yang berada di bawah SEAMEO yang memiliki peran dalam pelatihan, konsultasi, riset dan pengembangan, dan penyebaran informasi untuk meningkatkan kualitas manusia di berbagai negara.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M. Hum., dalam kesempatan memberi pengantar menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari upaya UNM menyukseskan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Melalui program ini, setiap Prodi di UNM memiliki kemitraan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Lebih lanjut, Hasnawi mengungkapkan bahwa dalam dua pekan ke depan, kerja sama dilanjutkan dengan implementasi program melalui pelatihan pembelajaran digital.

“Kerja sama ini langsung kita tindak lanjuti melalui kegiatan pelatihan yang berlangsung selama setahun dimulai dua pekan ke depan,” jelas Ketua PGRI Sulsel itu.(rls)