Pemuda Gereja Toraja Kawal Pelaksanaan Salat Idul Fitri

Pemuda Gereja Toraja Kawal Pelaksanaan Salat Idul Fitri

RANTEPAO, Upeks.co.id–Sangat menggembirakan, Kamis 13 Mei 2021 merupakan sebuah momentun dimana umat muslim maupun kristen dan katolik merayakan hari raya secara bersamaan, yaitu hari raya idul fitri dan hari Kenaikan Isa Almasih.

Ada yang terlihat unik pada pelaksanaan salat idul fitri di Masjid Agung Rantepao Toraja Utara kali ini. Hadirnya sejumlah penyuluh agama kristen dan katolik dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Toraja Utara untuk melakukan pendampingan pengamanan pada pelaksanaan sholat id di masjid tersebut.

Bacaan Lainnya

Para penyuluh yang sebahagian merupakan anggota Persatuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) Jemaat Elim Rantepao ini menunjukkan sikap persaudaraan, kerukunan serta toleransi dan kepedulian terhadap umat muslim yang tengah beribadah.

Bahkan setelah pelaksanaan shalat idil fitri, mereka turut membantu jemaah masjid untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

Menanggapi kehadiran anggota PPGT ini, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Rantepao, Manaek Bara’ Allo pada akun facebooknya mengungkapkan apresiasi dan ucapan terimakasinya atas kehadiran pemuda gereja Toraja tersebut.

“Kenaikan Isa Almasih dan Idul Fitri yang bersamaan kita sambut hari ini, tentu bukanlah suatu kebetulan. Ada makna yang dikirim dari Sang Penentu, semoga kita dapat mengambil hikmahnya, Terima kasih adik-adik Persatuan Pemuda Gereja Toraja Jemaat  Elim (PPGT JER) yang sudah mendampingi lalu membantu membersihkan sampah yang ada. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Selamat merayakan Kenaikan Isa Almasih, mohon maaf lahir  dan batin, Tuhan beserta kita,” beber Mona sapaan akrab Sekcam Rantepao tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Toraja Utara, Pretti L Gasong melalui pesan singkat di WhatsApp group menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Toraja Utara yang merayakan kedua hari raya ini.

“Selamat hari raya idul fitri bagi saudara-saudari kita umat islam, dan selamat memperingati hari Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga bagi saudara-saudari kita umat kristen dan katolik,” ujar Kakan Kemenag Toraja Utara, Pretti L. Gasong, S.Th di WA group.

“Semoga kita menjadi pribadi yang beriman, menjadi peribadi yang lebih baik lagi, lebih berkualitas dan senantiasa saling mengasihi. Sukses untuk kita semua dan tetap memberikan yang terbaik bagi institusi yang kita tercinta, Kemenag Toraja Utara. Salam sehat selalu. Tuhan Memberkati kita semua,” tutup PL Gasong.