Pembangunan Puskesmas Telan Biaya Rp7,1 M Lebih

  • Whatsapp
Pembangunan Puskesmas Telan Biaya Rp7,1 M Lebih

KOLAKA,UPEKS.co.id—Pembangunan Puskesmas Kolakaasi Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) menelan anggaran sebesar Rp7,1 miliar lebih.

Anggaran pembangunan Puskesmas tersebut dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler pelayanan kesehatan dasar tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kolaka Sultra Harun Masirri saat peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Kolakaasi Kecamatan Latambaga Kolaka Kamis (20/5/21). Dihadiri Wakil Bupati Kolaka H Muh Jayadin, Ketua DPRD Kolaka H Syaifullah Halik, Forkopimda, dan jajaran Kepala OPD Pemda Kolaka.

Harun menyampaikan pembangunan sarana fasilitas kesehatan, ketersediaan peralatan, ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan serta sistim layanan kesehatan yang baik merupakan hal penting untuk mewujudkan layanan berkualitas dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara
efektif, efisien, dan terjangkau.

Dikatakannya hal ini sesuai dengan visi misi Bupati/Wakil Bupati Kolaka melalui sembilan program prioritas pembangunan Kab Kolaka khususnya pada prioritas kedua yakni pemenuhan layanan kesehatan yang berkualitas.

Pembangunan gedung Puskesmas Kolakaasi ini kata Harun untuk menjawab kebutuhan masyarakat, mengingat bangunan lama sudah tidak mampu lagi menampung masyarakat yang datang mendapatkan pelayanan kesehatan.

Lanjutnya adanya anggaran pembangunan Puskesmas yang baru ini, kata Harun adakah hasil audensi Bupati Kolaka pada Kementrian Kesehatan RI. Dan ditindak lanjuti dengan kunjungan Direktur Fasyankes Kementrian Kesehatan tahun 2019 pada saat pembukaan pemanfaatan Rumah Sakit SMS Berjaya untuk layanan rawat jalan.

“Hasil kunjungan Fasyankes itu kita dinilai berhasil membangun gedung rumah sakit yang representatif untuk layanan kesehatan rujukan regional di Sultra,” kata Harun.

Bilaman pembangunan gedung Puskesmas ini selesai kata Harun selanjutnya akan ditinjau langsung oleh Fasyankes Kementrian Kesehatan RI.

“Jadi kalau bangunan ini sudah selesai, selanjutnya akan ditinjau oleh Fasyankes Kementrian Kesehatan RI. Bilamana kita dinilai berhasil maka kita akan terus mendapat dukungan untuk pembangunan kesehatan. Dan salah satu kita upayakan saat ini adalah rencana pembangunan rumah sakit tipe D di Kecamatan Wolo sekira 75 kilometer dari Kota Kolaka. Dan ituah harapan kita semua semoga bisa terwujud,”ujar Harun