Pasca Libur Idul Fitri, Personel Lantamal VI Swab Antigen Massal

  • Whatsapp
Pasca Libur Idul Fitri, Personel Lantamal VI Swab Antigen Massal

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Pasca libur Idul Fitri 1442 H, seluruh personel Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar laksanakan Swab Antigen massal di Mako Lantamal VI, Senin (17/05/2021).

Kegiatan digelar Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI Makassar sebagai langkah tanggap dan responsif guna mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19 pasca libur lebaran Idul Fitri di lingkungan kerja Mako Lantamal VI

Bacaan Lainnya

Kadiskes Lantamal VI Makassar Letkol Laut (K) David Langgeng, M.T. mengatakan, Rapid tes swab antigen massal bagi seluruh personel Lantamal VI dilaksanakan usai apel khusus.

Tujuannya mendeteksi sejauhmana kedisiplinan personel dalam menjaga protokol kesehatan dan sebagai upaya preventif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pasca libur Idul Fitri 1442 H/ 2021 M.

Di masa pandemi seperti saat ini kita harus bisa membiasakan diri hidup berdampingan dengan Covid-19, sehingga selain tetap konsisten melaksanakan 5M, perlu dilaksanakan 3T (Test, tracing dan Treatment) secara masih terlebih pasca libur panjang seperti lebaran tahun ini.

Selain di Mako Lantamal VI secara paralel juga dilaksanakan pemeriksaan Rapid Swab Antigen di Lanal Palu, Lanal Mamuju dan Lanal Kendari.

Selain itu Diskes Lantamal VI dan Rumkital Jala Ammari juga berperan serta aktif membantu pelaksanaan Rapid Swab Antigen dalam rangka penyekatan arus balik mudik pasca lebaran kerjasama beberapa Stakeholder, yakni Polda Sulsel, Kodam XIV/Hsn, Koopsau II, Dinkes Prov Sulsel, BPBD Prov Sulsel, Dishub Darat, Udara dan Laut.

Dalam hal ini personel Diskes Lantamal VI di perbantukan untuk Pemeriksaan Rapid Swab Antigen di Pelabuhan Bajoe, Pelabuhan Pare-Pare dan Pelabuhan Makassar mulai 16 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021.

Untuk memutus penyebaran Covid-19, Kadiskes Lantamal VI Makassar juga menghimbau kepada seluruh keluarga besar personel Mako Lantamal VI untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi, serta tidak lupa berdoa agar selalu diberikan kesehatan.