Muhammadiyah-Pemkot Makassar Bersinergi Kembangkan Program Keummatan

  • Whatsapp
Muhammadiyah-Pemkot Makassar Bersinergi Kembangkan Program Keummatan

MAKASSAR, UPEKS.CO.ID – Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah kota Makassar menggelar Syawalan dalam rangka silaturahim pasca Idul Fitri 1442 H. Kegiatan ini dilaksanakan, Rabu (26/5/2021).

Kegiatan ini menghadirkan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed yang memberikan hikmah syawalan.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Syawalan Muhammadiyah Makassar, Awang Darmawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, baik daring lewat zoom meeting dan luring di pusat dakwah Muhammadiyah (Pusdim) Makassar.

“Alhamdulilah dengan kerjasama yang baik seluruh pihak, kegiatan syawalan ini bisa berjalan dengan baik dan tetap mematuhi protkes kesehatan,” kata Awang Darmawan.

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Makassar ini menambahkan, dalam syawalan ini ada kegiatan pendukung yakni donor darah dan penggalangan dana untuk saudara kita di palestina.

Terpisah disampaikan, Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Makassar HM Nurdin Massi mengatakan bahwa syawalan ini sebagai ajang silaturahim kembali merekatkan ukhuwah Islamiyah usai melaksanakan puasa dan idul fitri.

“Alhamdulilah kita bisa bertemu walau hanya lewat online, semoga tidak mengurangi esensi silaturahim kita disebabkan kondisi saat ini yang masih pandemi,” ungkapnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Muhammadiyah yang telah berpartisipasi ikut serta mensukseskan syawalan tersebut.

Lanjut, Anggota BPH Unismuh Makassar ini menambahkan bahwa usai pelaksanaan Syawalan ini tentu ada agenda besar yang perlu kita massifikan lagi.

Pihaknya berharap seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah kembali membangkitkan dakwah di ranting-ranting Muhammadiyah.

“Tugas kita usai syawalan ini adalah membangkitkan dakwah di ranting Muhammadiyah, kami yakin bahwa disetiap lorong-lorong di Makassar disitu terdapat kader Muhammadiyah,” tambahnya.

Apalagi menurut Mantan Ketua Lazismu Makassar ini bahwa saat ini ada program Wali Kota Makassar yakni pengajian lorong.

“Nah tentu dengan SDM yang ada . Kita perlu bersinergi dan sukseskan,” harapnya.

Terpisah disampaikan, Wali Kota Makassar Moh Ramadhan Pomanto yang mengapresiasi kiprah dakwah dan gerakan sosial Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Kota Makassar.

“Kita sangat rasakan hadirnya Muhammadiyah dan Aisyiyah sangat membantu pemerintah, Peran Muhammadiyah ini sangat berpengaruh. Ambil bagian di Makassar Recover adaptasi sosial menunjukkan contoh-contoh ke masyarakat, sehingga pihaknya berharap program dakwah pemerintah kita bersama bersinergi,” tambahnya.

Ia menambahkan selain program dakwah juga kedepan, pihaknya bakal mengaktifkan gerakan solat subuh berjamaah.

“Termasuk program jagai anak ta, kami berharap Muhammadiyah dan Aisyiyah perlu sinergitas bersama mensukseskan program ini,” tambahnya.

Dengan demikian, Danny mengimbau agar organisasi sekelas Muhammadiyah bisa menjadi influencer atau contoh kepada masyarakat dalam pentingnya menjaga dan tetap menjalankan protokol kesehatan di mana pun berada.

Danny pun memohon doa agar selama kepemimpinannya bisa membawa masyarakat Kota Makassar jauh lebih baik dan keluar dari rantai Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri PW Muhammadiyah Sulsel, PW Aisyiyah Sulsel, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Makassar, Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah, Pimpinan Ortom Muhammadiyah, Pimpinan Amal Usaha, Hingga Warga Muhammadiyah Makassar.(rls)