Kakanwil Kemenag Sulsel Lantik 14 ASN Dalam Jabatan Fungsional Arsiparis

  • Whatsapp
Kakanwil Kemenag Sulsel Lantik 14 ASN Dalam Jabatan Fungsional Arsiparis

MAKASSAR.Upeks.co.id—Kakanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan, Drs.H.Khaeroni, M.Si melantik 14 ASN dalam Jabatan Fungsional Arsiparis, Rabu, 19 Mei 2021.

14 ASN yang dilantik adalah peserta yang dinyatakan lulus pada ujian penyesuaian (inpassing) yang digelar tanggal 18 s.d 22 Januari 2021 secara online.

Bacaan Lainnya

Dengan dilantiknya 14 ASN ini, menggenapkan 24 arsiparis yang dimiliki oleh Kanwil Kemenag Sulsel saat ini.

Mengawali sambutannya usai pelantikan, Kakanwil Khaeroni mengimbau kepada arsiparis lingkup Kanwil Kemenag Sulsel untuk melakukan digitalisasi dalam mengelola arsip-arsip yang ada.

Lebih lanjut Khaeroni menjelaskan bahwa arsiparis adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggungjawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi tempat ia mengabdi.

Namun demikian, kata Kakanwil, dalam melaksanakan tugas, tanggungjawab dan wewenang, seorang arsiparis tidak dibenarkan mengelolah arsip yang aktif atau dinamis.

“Camkan itu. Jadi jika dilakukan penilaian angka kredit bagi arsiparis, arsip dinamis itu tidak termasuk dalam penilaian,” tegas Khaeroni.

Selain itu, mantan Kepala Biro Umum IAIN Salatiga ini menuturkan bahwa saat ini adalah era pemanfaatan teknologi informasi (IT), sehingga arsiparis diharapkan segera beradaptasi dan meninggalkan kesan jaman dulu.

Pemanfaatan IT adalah sebuah keniscayaan dimana arus informasi begitu massif dan cepat sehingga arsiparis.

“Selain mendapatkan tunjangan jabatan, pada saatnya nanti pejabat struktural juga diambil dari tenaga (jabatan) fungsional (arsiparis). Untuk itu jangan berkecil hati”, tuturnya.

Diakhir sambutannya, Khaeroni kembali menegaskan kepada arsiparis yang sudah dilantik untuk mengelola arsip secara digital.

“Saya lihat selama ini hampir semuanya manual. Untuk itu saya imbau agar arsip-arsip yang ada digitalisasi sedemikian rupa sehingga semua kebutuhan kearsipan bisa diperoleh dengan cepat,” pungkasnya.

Acara pelantikan yang digelar di Aula I Kanwil Kemenag Sulsel ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat eselon tiga dan empat lingkup Kanwil Kemenag Sulsel.