Hibah MB-KM UNM Sukses Dapatkan Total Rp4,2 M

  • Whatsapp
Hibah MB-KM UNM Sukses Dapatkan Total Rp4,2 M

Makassar, Upeks.co.id–Untuk mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, meluncurkan sejumlah bantuan dana kepada program studi.

Hibah itu diberikan dalam rangka memberikan stimulus agar kampus dapat bergairah melaksanakan program baru ini. Ada puluhan hibah yang telah diluncurkan.

Bacaan Lainnya

Universitas Negeri Makassar termasuk kampus yang aktif mengusulkan prodi untuk berkompetisi secara nasional.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M. Hum., ada 35 Prodi yang telah diusulkan untuk memperoleh hibah MB-KM tahun ini. Jumlah itu masih akan terus bertambah karena masih ada sejumlah hibah yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Melalui program hibah MB-KM ini, UNM juga mendapatkan perolehan dana yang signifikan. Dalam paparan yang disampaikan, Hasnawi menyampaikan bahwa tidak kurang dari 4,2 milyar dapat telah diperoleh.

Ketua Ikatan Pencak Silat itu merinci sejumlah hibah yang berhasil diperoleh UNM, di antaranya Center of Excellent yang dimenangkan Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian, kerja sama kurikulum yang diperoleh enam Prodi, dan inovasi pembelajaran digital.

“Ini luar biasa. Jika dihitung secara total, perolehan hibah UNM sudah setara 4,2 M,” jelasnya.

Lebih lanjut Hasnawi menambahkan bahwa potensi perolehan data dana masih akan terus bertambah. Sekretaris Jenderal Ikatan Sarjana Ilmu Pendidikan Sosial Indonesia itu menyampaikan bahwa sejumlah hibah lainnya akan diumumkan dalam waktu dekat. Hal yang tidak kalah pentingnya, perolehan dana itu juga disertai dengan keterlibatan dosen dan sejumlah mahasiswa.

“Ada puluhan dosen yang terlibat berkegiatan di luar kampus, seperti di kampus mengajar,” jelasnya.

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M. TP., IPU, menyambut baik capaian hibah UNM. Kepada Prodi pemenang, mantan Dekan Fakultas Teknik dua periode itu meminta agar hibah yang diperoleh dimaksimalkan untuk menyukseskan program kampus merdeka.

“Perolehan hibah ini bukti bahwa UNM ini kompetitif. Jadi tolong dimaksimalkan,” tegasnya.(rls)