Enrekang Diguncang Gempa Tektonik

  • Whatsapp
Enrekang Diguncang Gempa Tektonik

Kalak BPBD Jelaskan Tidak Berpotensi Tsunami

ENREKANG, UPEKS.co.id — Minggu, 2 Mei 2021, pukul 23:33;53 WITA, Kabupaten Enrekang diguncang gempa tektonik. Guncangan tersebut dirasakan oleh sebagian masyarakat Enrekang dan bahkan Pinrang.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Enrekang, Abdullah menyampaikan dari hasil analisa BMKG menunjukkan gempabumi tersebut memiliki parameter dengan magnitudo  M=3.8.

” Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.48 LS dan 119.67 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km arah Baratlaut Enrekang, Sulawesi Selatan pada kedalaman 11 km”. Kata Abdullah saat dihubungi Upeks melalui telepon selulernya.

Lanjutnya, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Abdullah menjelaskan guncangan gempa bumi ini hanya dirasakan oleh sebagian orang saja.

” Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini Tidak Berpotensi Tsunami.

Meskipun tidak mengkhawatirkan dan guncangannya tidak terlalu terasa namun Kalak BPBD Enrekang tetap menghimbau
Kepada masyarakat  agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, Kalak juga meminta agar masyarakat menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

” Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah”. Pungkas Abdullah.(Sry)