Di Kolaka Dua Kecamatan Produksi Sampah Setiap Hari 36 Ton

  • Whatsapp
Di Kolaka Dua Kecamatan Produksi Sampah Setiap Hari 36 Ton

KOLAKA,UPEKS.co.id—Di Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) dua Kecamatan yakni Kecamatan Kolaka dan Kecamatan Latambaga memproduksi sampah setiap hari sekira 36 ton.

Alvian Makmun, Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan(DLHK) Kolaka Alvian Makmun yang ditemui, Kamis (20/5/21) di sela-sela aktivitasnya.

Bacaan Lainnya

Dia mengawasi tenaga kerja harian yang bertugas di lapangan untuk membersihkan semua tumpukan sampah untuk dinaikkan keatas truk selanjutnya diangkut ke TPA Patioso Kelurahan Induha Kecamatan Latambaga atau sekira 10 kilometer dari Kota Kolaka.

“Setiap hari kami mengangkut sampah ke TPA dengan menggunakan armada sebanyak 18 unit. Jadi kalau setiap unit kendaraan truk memuat rata-rata dua ton sampah, berarti ada 36 ton sampah diangkut ke TPA,”ungkap Alvian.

Ditanya jumlah tenaga kerja yang menangani masalah kebersihan kota khususnya masalah sampah, ada sebanyak 253 orang.

“Tenaga kerja sebanyak 253 orang ini digaji harian, tetapi nanti dibayarkan setiap bulan. Jadi statusnya semua pegawai harian lepas atau Tenaga Harian Lepas(THL),”kata Alvian.

Lanjut Alvian demi keamanan dan kenyamanan masyarakat, maka sampah yang diangkut oleh kendaraan truk itu bak mobil ditutup dengan terpal.

“Jadi ketika sampah-sampah dimuat oleh puluhan kendaraan truk untuk diantar ke TPA semua bak mobil ditutup sehingga bau dati sampah itu tidak mengganggu kenyaman masyarakat,”ujar Alvian.