Alumni SMANSA 85 Makassar Letakkan Batu Pertama

  • Whatsapp
Alumni SMANSA 85 Makassar Letakkan Batu Pertama

 Pembangunan Pondok Putri Tilawah/Tahfiz Haruna Ar-Rasyid Dimulai

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Sebagian besar Alumni SMANSA 85 Makassar yang berada dalam naungan Pengurus Masjid2 dan Pondok Tilawah/Tahfiz Haruna Ar-Rasyid lakukan peletakan batu pertama pembangunan pondok santriwati II di Jalan Minasa Upa Blok A/B, Jumat (28/5/2021).

Bacaan Lainnya

Peletakan batu tersebut turut dihadiri Pendakwah Ustadz Nur Maulana yang juga salah satu Pembina/Penasehat Pondok Tilawah/Tahfiz Haruna Ar-Rasyid. Serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Ina Kartika sebagai Pelindung dalam kepengurusan tersebut.

Selain Andi Ina Kartika sebagai Pelindung dalam kepengurusan juga Walikota Danny Pomanto, Dekan  Fakultas Teknik Unhas Prof. DR. Ir. Arsyad Thaha dan Kapolres Pelabuhan,dan pada kesempatan tersebut juga dirangkaikan pelantikan Pengurus Masjid dan Pondok Tilawah dan Tahfiz Haruna Ar-Rasyid.

Ketua Umum Pengurus Masjid dan Pondok Tilawah dan Tahfiz Haruna Ar-Rasyid, Ir. Shafwan Haruna Rasyid menuturkan pembangunan pondok yang diperuntukkan bagi santriwati tersebut merupakan kolaborasi alumni SMANSA 85 Makassar, Alumni IKATSI Unhas, dengan masyarakat.

Selain itu  para dermawan/donatur seperti H. M. Aksa Mahmud juga salah satu Pembina/Penasehat yang telah menyiapkan kebutuhan semen untuk 2 lokasi yang pembangunan, yaitu Masjid dan Pondok 1 TTQ Haruna Rasyid di Jl. Tarakan 93 dan Pondok 2 TTQ Harun Ar Rasyid di Minasa Upa.

“Insha Allah pembangunan Pondok 1 untuk Santri dan Pondok 2 Tilawah dan Tahfiz Haruna Ar-Rasyid yang diperuntukkan santriwati nantinya kolaborasi antara alumni SMANSA 85, Alumni IKATSI Unhas, Masyarakat dengan para donatur atau dermawan,” ungkap Shafwan.

Ia mengatakan pembangunan pondok tersebut merupakan yang kedua setelah Rehabilitasi Rumah Tahfiz pondok I di Jalan Tarakan. Rehabilitasi pondok 1 tersebut murni dari keluarga besar Haruna Ar- Rasyid.

“Sedang Masjid Haruna Ar-Rasyid di Jalan Tarakan yang baru diresmikan lantai 1 oleh Bapak Walikota Makassar sudah difungsikan itu murni dari masyarakat, sahabat dan donatur umum serta keluarga. Pondok I tersebut untuk putra,” ungkapnya.

Ia mengatakan saat ini proses penerimaan siswa baru Santri Tahfiz dan Tilawah Qur’an. Shafwan menyebutkan sebanyak tiga masjid dan dua pondokan dinaungi Pengurus Masjid dan Pondok Tilawah/Tahfiz Haruna Ar Rasyid. Atas hal tersebut nantinya Pondok Tilawah dan Tahfiz (PTTQ) Haruna Ar Rasyid akan mengarah ke pembentukan atau berubah menjadi Pondok Pesantren.

“Kita akan mengarah ke Pembentukan Pondok Pesantren di bawah Yayasan Imam Haruna Ar-Rasyid,” ucapnya.

Apa yang kita lakukan tersebut agar bisa membina generasi muda kita menjadi kader2 muda yang berakhlatur karimah dan Berimtaq. Shafwan berharap masyarakat terlibat di dalam pembangunannya utk mempercepat realisasi penggunaan pondok 2 ini, selain dari alumni SMANSA 85 Makassar sudah bersepakat untuk membantu pembangunan pondok tersebut.

Ia menyebutkan Pondok ke 2 tersebut butuh anggaran Rp. 900 juta hingga Rp 1 miliar. “Ini kita harapkan masyarakat, dermawan dan bantuan lain dari Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Propinsi Sulsel ikut memberi bantuan, karena jika alumni saja mungkin akan lama proses penyelesainnya, karena anggaran yang dibutuhkan minimal 1 Miliar dan saya sudah hitung 900 juta lebih, kalau perluasan pondok 1 di Jalan Tarakan masih butuh sekitar Rp700 juta, itu kita hitung kemarin sampai dengan 3 lantai,” tutupnya.(rls)