Alhamdulillah, Bank Muamalat Dinobatkan Bank Terbaik Dunia 2021 Versi Forbes

Alhamdulillah, Bank Muamalat Dinobatkan Bank Terbaik Dunia 2021 Versi Forbes

 

MAKASSAR,UPEKS.CO.ID–Bank Muamalat menjadi salah satu institusi perbankan di Tanah Air yang dinobatkan sebagai bank terbaik dunia atau The World’s Best Banks 2021 yang dilansir oleh Forbes.

Bacaan Lainnya

Bank syariah pertama di Indonesia ini memenuhi sejumlah kriteria penilaian oleh Forbes, meliputi trust, terms and conditions, customer services, digital services, dan financial advice.

Adapun dalam menentukan jajaran The World’s Best Banks 2021 itu, Forbes menggandeng Statista mensurvei lebih dari 43.000 pelanggan di 28 negara di seluruh dunia untuk menanyakan pendapat mereka tentang bank yang dipilih.

Regional Head Bank Muamalat Ahmad S. Ilham mengatakan penyematan dari Forbes ini menjadi buah dari konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem perbankan berbasis syariah dibarengi dengan peningkatan layanan hingga digitalisasi yang adaptif bagi nasabah.

“Ini juga menjadi pembuktian, bahwa prinsip syariah dalam dunia perbankan semakin banyak dimanfaatkan dan sesuai dengan kebutuhan finansial nasabah, secara universal sekalipun,” paparnya, Kamis (27/5/2021).

Sebagai informasi, gelar dari Forbes itu menempatkan Bank Muamalat berada dalam jajaran 500 bank di dunia yang mampu memainkan peran penting dalam menjaga ekonomi global bergerak selama pandemi Covid-19 melanda.

Dari 500 bank yang ada dalam The World’s Best Banks 2021 itu, hanya 20 bank yang berasal dan beroperasi di Indonesia, yang mana Bank Muamalat salah satunya.

Bank Muamalat sendiri dalam beberapa tahun terakhir terutama dalam masa pandemi, gencar melakukan tranformasi digital yang merupakan salah satu dari tiga pilar strategi bisnis perseroan sembari melakukan pembenahan mulai dari front end untuk meningkatkan layanan yang dinikmati nasabah hingga back end dengan melakukan re-engineering infrastruktur digital, termasuk menggunakan sistem robotik.

Untuk front end, saat ini Bank Muamalat memiliki setidaknya 5 inovasi digital yang sangat memudahkan nasabah.

Kelima inovasi layanan digital itu ialah aplikasi Muamalat DIN yang diluncurkan belum lama ini, digital account opening, metode pembayaran berbasis QR code, smart transaction alias transaksi tanpa kertas, dan pemutakhiran SalaMuamalat untuk call center.

Selain itu, selama masa pandemi Covid-19 telah terjadi pergeseran kebiasaan nasabah Bank Muamalat menjadi lebih aktif menggunakan layanan digital dan semakin sedikit yang datang ke kantor cabang. Hal itu terlihat dari transaksi digital yang dilakukan nasabah selama pandemi mencapai 60 persen dari total transaksi per bulan. Padahal, porsi transaksi digital sebelum pandemi hanya sekitar 30 persen dari total transaksi.(rls)