Libatkan Masyarakat, Sofyan Syam Konsultasi Publik Ranperda Sistem Pertanian Organik

  • Whatsapp
Libatkan Masyarakat, Sofyan Syam Konsultasi Publik Ranperda Sistem Pertanian Organik

PANGKEP, UPEKS.co.id– Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Sofyan Syam melaksanakan konsultasi publik penjelasan pengusul ranperda sistem pertanian organik, Senin(31/5/21).

Kosultasi publik ini menghadirkan pakar hukum, dinas pertanian, ormas, organisasi mahasiswa dan juga kelompok tani.

Bacaan Lainnya

Dikatakan legislator partai Golkar itu, pelibatan warga dalàm penyusunan ranperda sangat penting. Karena, setiap aturan yang dibuat diharapkan bersifat partisipatif.

Lanjutnya, usulan, tanggapan dan aspirasi warga yang diterima saat konsultasi publik ini selanjutnya akan disampaikan kepada tim perumus.

Sofyan Syam sangat berharap kepada segenap lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam memberikan masukan serta saran dan informasi kepada para legislator Sulsel ketika ada yang melakukan kegiatan serupa.

Anggota DPRD Sulsel dua priode itu juga menyebut, mayoritas warga Sulsel berprofesi sebagai petani.

Diharapkan, dengan hadirnya Perda ini nantinya dapat meningkatkan produksi pertanian.

“Tentu, jika produski pertanian meningkat akan sangat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat kita. Dan itulah yang kita harapkan,”katanya.

Kepala bidang prasarana Muhammad Basri menyampaikan, luas tanam di Pangkep 16.819 ha luas baku sawah. Selain pertanian padi, juga ada jagung, keledai dan sayuran.

Lanjutnya, dengan hadirnya Perda ini nantinya dibutuhkan komitmen oleh semua pihak untuk melaksanakannya.

“Dibutuhkan komitmen kita bersama untuk bisa melaksanakan perda ini nantinya. Bukan hanya penggunaan pupuk organik. Akan tetapi semua dari tanaman dapat dimanfaatkan kembali,”katanya.

Ranperda pertanian organik merupakan ranperda inisiatif dari anggota DPRD Sulsel. (Sah).