Program Padat Karya Kotaku di Kelurahan Parangbanoa Mulai Dibangun

  • Whatsapp
Program Padat Karya Kotaku di Kelurahan Parangbanoa Mulai Dibangun

GOWA, UPEKS.co.id– Program Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku) terus dikaksanakan di setiap kabupaten/kota. Khusus di Provinsi Sulaesi Selatan, Kabupaten Gowa yang pertama kali melaksanakan kegiatan padat karya Kotaku melalui dana Aspirasi dari Anggota DPR RI, Hamka B Kady.

Melalui kegiatan padat karya Kotaku tahun 2021 ini, Kelurahan Parangbanoa, Kecamatan Pallangga satu-satunya yang ada di kabupaten Gowa yang mendapatkan batuan penuntasan wilayah permukiman kumuh.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan kegiatan tersebut ditandai dengan penyerahan dana Rp1 Miliar dan peletakan batu pertama, di Kelurahan Parangbanoa, Kamis (27/5/2021) pagi.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Prasarana wilayah dan Permukiman Sulsel, H. Abd Malik mengatakan pelaksanaan pembangunan program Kotaku di kelurahan parangbanoa ini dilaksanakan pada tiga titik dan menelan anggaran sebesar Rp1 Miliar.

“Hari ini kita muali pembangunan program pasat karya Kotaku, kita awali di kelurahan Parangbanoa, Kecamatan Pallanga. Insya Allah pelaksanaannya sesuai, harapan, waktu dan Administrasi,”katanya saat memberikan sambutan.

Selai itu, Abd Malik juga sangat berharap dengan anggaran Rp1 Miliar yang merupakan hasil dari perjuangan anggota DPR RI, H. Hamka B Kady ini diharapkan pelaksanaanya sesuai dengan pedoman dan juknis yang ada.

Sementara Koordinator Kotaku tanpa Kumuh (Kotaku) Wilayah IV, Nurliah Ruma menjelaskan kegiatan pembangunan penuntasan wilayah kumuh ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar.

Ia menjelaskan dana Aspirasi dari pusat ini nantinya akan digunakan membangun jalan paving, saluran air (Drainase), sarana air bersih dan sarana persamapahan.

“Khusus di Kelurahan Parambanoa ada tiga Lingkungan yang akan mendapatkan bantuan pembangunan program Kotaku. Kita berharap pembangunannya sesuai jadwal dan masyarakat ikut serta dalam menjaga dan merawatnya,”kata Nurliah Ruma.

Adapun luas wilayah yang akan dibangunkan jalan paving, saluran dan sarana air bersih di Kelurahan Parambanoa yakni seluas 3,73 Ha.

“Dari 57,9 Ha yang masuk dalam wilayah kumuh di Kelurahan Parambanoa, sisa 3,74 Ha yang akan kita benahi untuk saat ini,”ungkapnya.

Asisten II Bidang ekonomi dan pembangunan, Pemkab Gowa, Muh Irwan yang membacakan sambutan tertulis Bupati Gowa, mengungkapkan program kotaku secara nasional merupakan tanggung jawab bersama. Dan pemda Gowa siap berkolaborasi bersama pemangku kepentingan.

“Pemda menganggarkan replikasi kotaku, melalui pembangunan jalan lingkungan paving , drainase serta sarana air bersih kita berharap dapat memenuhi hak dan kebutuhan masyarakat,”katanya saat membacakan sambutan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Kegiatan peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh tenaga Ahli Anggota DPR RI Komisi V Hamka B Kady, Lukman B Kady, Kapolsek Pallang, Danramil, Lurah Parangbanoa, Sekertaris Dinas Perkimtan serta warga setempat. (Sofyan).