Kunker di Desa Burau Pantai, Bupati Budiman Resmikan PAUD dan Serahkan Bantuan

  • Whatsapp
Kunker di Desa Burau Pantai, Bupati Budiman Resmikan PAUD dan Serahkan Bantuan

Lutim, Upeks.co.id–Bupati Luwu Timur, H. Budiman, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman menghadiri Silaturahmi dengan masyarakat Burau Pantai yang dirangkaikan Peresmian PAUD di Desa Burau Pantai serta penyampaian LPPD Kepala Desa Burau Pantai TA. 2020 bertempat di Desa Burau Pantai, Sabtu (22/05/2021).

Acara ini dirangkaikan dengan Penyerahan bantuan hibah kepada dua kelompok nelayan budidaya rumput laut masing-masing Rp. 25.000.000, serta pemberian bantuan BUMDES Mappatuo Desa Burau Pantai sebesar Rp. 50.000.000.

Bacaan Lainnya

Hadir juga mendampingi Kadis PMD, Halsen, Plt. Kadis Kelautan, AR Salim, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Satri, Direktur RSUD Lagaligo, dr. Benny, Sekdis Perkimtan, Camat Burau, Sukri, Camat Wotu, Iskandar Muda, Kepala Desa Burau Pantai, Akmal Jufri, Ketua APDESI Luwu Timur, Beberapa Kepala Desa, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Budiman mengatakan, momentum silahturahmi seperti ini baik dimanfaatkan untuk membangun koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah dengan masyarakat dengan menjabarkan visi dan misi Luwu Timur yang Maju dan Berkelanjutan.

“Tentunya saya juga sangat mengapresiasi kepada seluruh aparat Desa Burau Pantai serta masyarakat yang telah hadir, saya atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mengapresiasi kegiatan seperti ini akan menjaga tali silahturahmi masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur,” tuturnya.

Terkait bantuan hibah kepada dua kelompok nelayan budidaya rumput laut, serta bantuan BUMDES, Budiman mengatakan, hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin.

Oleh karena itu, Pemerintah daerah perlu memacu Pemerintah Desa dan masyarakat desa untuk lebih produktif, dengan memberikan program padat karya untuk membangun infrastruktur, meningkatkan daya beli, maupun program-program berbasis potensi lokal desa. program padat karya ini dapat menjadi solusi yang paling baik untuk menggiatkan perekonomian yang saat ini sedang lesuh akibat pandemi covid-19.

“Insya Allah, Kami sementara menyusun Peraturan Bupati nya untuk hibah bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa senilai Rp. 1 Miliar diluar Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa dengan postur 40 persen Fisik dan 60 Persen non Fisik,” jelas Budiman.

Olehnya itu, diharapkan penggunaan dana tersebut dipakai membangun desa dengan perencanaan yang baik dan bermanfaat buat warga.

Bupati juga mengapresiasi atas pembangunan PAUD di Desa Burau Pantai. Karena melalui pendidikan anak usia dini adalah pondasi pendidikan karakter. Jika pondasi kokoh, maka seluruh unsur dan struktur bangunan di atasnya memiliki pijakan yang kuat. Sebaliknya, jika pondasinya rapuh, maka betapapun bagusnya pendidikan setelah periode usia dini, bangunan pendidikan karakter itu mudah runtuh.

“Kami juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Pengurus Paud  yang secara bersama meningkatkan dunia pendidikan di Kecamatan Burau khususnya di Desa Burau Pantai,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ini juga mengatakan agar pembangunan desa dapat berjalan sesuai harapan maka seluruh elemen masyarakat harus bersatu kembali pasca Pilkada dan bersama-sama membangun desa.

Sementara itu Kepala Desa Burau Pantai, Akmal Jufri mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran Bupati beserta rombongan. “Kami masyarakat Burau pantai mendukung semua kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Semoga dengan adanya acara silahturahmi ini akan meningkatkan kerjasama antara Pemerintahan yang ada di Desa, Kecamatan maupun Kabupaten,” pungkasnya. (rls)