Dinas Kesehatan Majene Usulkan Rp 3,6 M Untuk Kegiatan Vaksinasi

  • Whatsapp
Dinas Kesehatan Majene Usulkan Rp 3,6 M Untuk Kegiatan Vaksinasi

MAJENE, UPEKS.co.id—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majene membutuhkan anggaran sebesar Rp 3,6 miliar untuk penanganan Covid-19 tahun ini.

Khususnya untuk kegiatan biaya operasinal kegiatan Vaksinasi di Majene.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majene, dokter Rakhmat Malik mengatakan, dari hasil rapat intelnal di Dinas Kesehatan disepakati untuk mengusulkan dana sebesar Rp.3,6 miliar melalui refocusing anggaran DAU.

“Usulan tersebut sesuai kajiannya teman-teman yang masuk di pokja, jadi kenapa kita usulkan biaya sebesar itu, karena persoalan kegiatan vaksini ini bukan main-main, apalagi kita harus aktif mencari orang,” ungkap Rakhmat Malik, Selasa (18/5/2021)

Menurut Rakhmat Malik, untuk pelaksanaan vaksinasi yang sudah dilakukan sampai sekarang baru OPD, nakes dan pelayanan publik, untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 90 persen yang sudah yang sudah divaksin.

“Kemudian pelayan publik, seperti TNI-Polri Alhamdulillah juga sudah hampir 100 persen, kalau tenaga kesehatan tinggal 10 persen masih ada penyintas yang belum divaksin, kemudian dari beberapa OPD juga masih ada yang belum divaksin, makanya kemarin ada sanksi yag dikeluarkan pak Bupati bagi mereka yang belum,
seperti pemotongan TPP,” ucapnya.

Dana itu kata Rakhmat Malik, untuk biaya operasional, seperti honor tenaga kesehatan yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi dan tim keamanan yang mengawal kegiatan. Selain itu, akomodasi dan konsumsi petugas vaksinasi juga menjadi tanggung jawab Dinkes Majene.

“Memang vaksinnya gratis. Tapi honor, akomodasi, dan konsumsi tenaga kesehatan dan petugas menjadi tanggungan kami, itupun kalau yang diusulkan disetujui oleh Pemda. Apalagi untuk kegiatan vaksinasi ini para nakes kebanyakan harus jemput bola,” pungkasnya.