Dinkes Kolaka Lakukan Pengawasan Arus Mudik

  • Whatsapp
Dinkes Kolaka Lakukan Pengawasan Arus Mudik

KOLAKA,UPEKS.co.id—Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan pengawasan terhadap arus mudik mulai, Selasa (18/5/21).

Pengawasan dilakukan dengan membangun posko petugas. Mulai di Pelabuhan Ferry Kolaka, Bandara Udara Sangia Nibandera, dan setiap titik perbatasan antara kabupaten.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan Kepala Dinkes Kolaka Drs Harun Masirri, A.Pt,.M.Kes didampingi Juru bicara(Jubir) Vaksinasi Covid-19 Kolaka Dokter Abd Azis,Mars saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Senin (17/5/21).

Harun menjelaskan, sesuai hasil rapat koordinasi dengan semua instansi terkait, dan TNI/Polri, dipimpin langsung Bupati Kolaka, Sabtu (15/5/21).

Dalam rapat tersebut kata Harun, Bupati sudah menekankan untuk mengantipasi masyarakat yang kembali ke Kolaka maupun bukan warga Kolaka setelah selesai lebaran.

“Jadi pak bupati sudah menekankan agar mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca selesainya hari lebaran,” jelas Harun.

Untuk mengantisipasi hal itu maka pihak Dinkes didampingi TNI/Polri serta semua instansi terkait membangun posko selama lima hari berturut-turut akan dimulai pada(18/5/21) di Pelabuhan Ferry Kolaka, di bandara udara Sangia Nibandera dan semua perbatasan.

Semua masyarakat yang datang akan dilakukan sreening oleh pihak petugas jaga disetiap posko serta mengukur suhu tubuh setiap orang yang datang.

“Bila suhu tubuhnya melebihi 37,2 derajat celcius, maka akan dilakukan rapid antigen. Bila hasil rapid antigennya positif maka akan diisolasi di Sikim Kolaka.

“Tetapi kalau yang positif itu berdomisili di Kolaka maka boleh melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing- masing, tetapi kalau bukan warga Kolaka maka akan diisolasi di Sikim Kolaka,”kata Harun.

Harun menghimbau kepada semua masyarakat, karena pandemi Covid-19 belum berakhir, diharapkan kepada segenap masyarakat tetap taat dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, selalu mencuci tangan, jaga jarak dan hindari berkerumun.

“Dengan selalu menggunakan masker sebagai benteng setiap orang agar tidak tertular virus Covid-19,”ujar Harun mantan Kadis BKKBN Kolaka