Pemkab Pangkep Luncurkan Program SIJAGAI

  • Whatsapp
Pemkab Pangkep Luncurkan Program SIJAGAI

PANGKEP,UPEKS.co.id — Pemerintah Kabupaten Pangkep meluncurkan program SIJAGAI. Ini akronim dari Siap, Jemput, Antar, Jaga dan Peduli.

Sijagai adalah program unggulan pemerintah kabupaten
Pangkep pada bidang kesehatan.

Bacaan Lainnya

Peluncuran SIJAGAI ditandai pemukulan Gong oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, diiringi suara sirene 27 unit mobil ambulans di lapangan Alun-alun, Citra Mas, Rabu(5/5/21).

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau mengatakan, dengan SIJAGAI ini diharapkan pelayanan kesehatan dirasakan semua lapisan masyarakat.

Ditambahkan MYL, Pangkep SIJAGAI ini dimaknai sebagai Pangkep yang saling menjaga. Saling menjaga dalam satu rumah tangga, saling menjaga dalam satu rukun tetangga, wilayah, satu desa, kecamatan hingga saling menjaga satu kabuaten Pangkep.

“Goldnya bagaimana kita saling menjaga yang diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat sebagai upaya mewujudkan Pangkep Sehat dalam pemerintahan Pangkep Hebat,” jelas Bupati Yusran.

SIJAGAI meliputi program yang akan diterapkan, program perawatan dan kunjungan rumah. Bagi masyarakat yang kronis berat dan tidak mampu lagi ke sarana kesehatan, akan dikunjungi oleh petugas yang bertanggung jawab pada wilayah tersebut secara berkala.

Program jemput antar ambulans, penanganan kedaruratan medis dan layanan panduan call canter akan dilayani oleh petugas yang sudah disiapkan di Puskesmas-puskesmas terdekat hanya dengan menghubungi nomor 0811 -415-415-4.

Program desa siaga, satu desa satu dokter. Dimana setiap desa memiliki satu dokter penanggung jawab, perawat dan bidan serta asisten hebat yang akan memantau perkembangan kesehatan masyarakat di wilayah tersebut.

“Jangan lagi ada warga Pangkep yang sakit di rumah, dan tidak tertangani hanya karena tidak mampu menjangkau sarana kesehatan atau tidak mampu membayar pelayanan kesehatan. Insyaallah, pemerintah kabupaten Pangkep dalam program Pangkep Sijagai akan hadir untuk seluruh masyarakat tanpa
terkecuali,”jelasnya.

Direktur RSUD Batara Siang, dr Annas Ahmad menjelaskan program ini diharapkan bisa menjamin pemenuhan hak dasar masyarakat dalam pelayanan kesehatan dasar, baik dalam hal preventif, promotive, kuratif maupun rehabilitative, memberikan perlindungan kepada masyarakat dan petugas kesehatan dalam pelayanan serta meningkatkan peran dan dukungan keluarga, masyarakat dan pemerintah terhadap keberhasilan pembangunan
kesehatan. (Sah)