Kadisdik Lutim : Semoga Pandemi Berlalu, Kita Mulai Pembelajaran Tatap Muka

  • Whatsapp
Kadisdik Lutim : Semoga Pandemi Berlalu, Kita Mulai Pembelajaran Tatap Muka

LUTIM.UPEKS.co.id— Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei diperingati. Adapun tema yang diusung Kementerian Pendidikan dalam momentum Hardiknas 2021 kali adalah “ Serentak Bergerak , Wujudkan Merdeka Belajar”.

Kepala dinas Pendidikan Luwu Timur, La Besse, kepada Upeks mengungkapkan harapannya agar kita semua diberi kekuatan dan ketabahan menghadapi cobaan karena pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

“ Cobaan dan ujian di tengah pandemi covid saat ini membuat para siswa dan anak-anak kita harus belajar dari rumah. Semoga di awal tahun ajaran baru nanti 2021/2022 pada bulan Juli kita sudah bisa kembali ke sekolah dan anak-anak kita dapat belajar seperti sedia kala dengan pertemuan tatap muka,” imbuh La Besse, dalam pesannya menyambut peringatan Hardiknas tahun ini.

Dia berharap, pandemi covid-19 akan segera berakhir dan seluruh aktivitas kembali berlangsung normal, khususnya proses belajar mengajar di sekolah.

Mengenai konsep Merdeka Belajar yang digaungkan Menteri Nadiem M akarim, juga diapresiasi La Besse. Sesungguhnya dalam konsep Merdeka Belajar ini terdapat 4 hal mendasar yakni

Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai uji kompetensi siswa yang bisa dilakukan dengan cara ujian tertulis maupun penilaian lain yang lebih komprehensif;

Penghapusan Ujian Nasional (UN) di tahun 2021 dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimun dan Survei Karakter;

Menyederhanakan atau memangkas sejumlah komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);

Peraturan PPDB Zonasi digunakan dengan kebijakan yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah. (aco)

Pos terkait