Wadan Lantamal VI Kunjungi Kesiapan Kluster-kluster KBN Untia

  • Whatsapp
Wadan Lantamal VI Kunjungi Kesiapan Kluster-kluster KBN Untia

Makassar, Upeks.co.id–Wadan Lantamal VI Koloenl marinir Y. Rudy Sulistyanto, S.E., mengunjungi kluster-kluster KBN Untia di Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, Minggu (25/4/21).

Adapun kluster yang dikunjungi diantaranya adalah Kluster Pertahanan yaitu Sosialisasi Bela Negara bertempat di halaman lapangan Futsal rumpin Kelurahan Untia Kec. Biringkanaya Makassar Kluster Edukasi yaitu meninjau pembangunan Paud Kampung Bahari Nusantara (KBN) Untia Binaan Lantamal VI Makassar serta klaster pariwisata yaitu  dermaga kayu Untia, Klaster Edukasi dan Klaster Kesehatan, Senin, (26/4/2021).

Bacaan Lainnya

Saat peninjauan, Wadan Lantamal VI diampingi oleh Camat Biringkanaya Kota Makassar Dr. A. Syahrum Makkuradde, S.S., S.E, M.Si., Danramil 11 Biringkanaya Mayor Kav Salahahuddin Basir, Lurah Untia Alwan Januar, S.Stp., dan Branch Mandiri Cab. Sulawesi Ibu Widyawati Mochtar.

Wadan Lantamal VI menyampaikan bahwa pembangunan KBN merupakan program andalan Kasal Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun wilayah pesisir pantai untuk menunjang kesejahteraan masyarakat nelayan yang tinggal di sekitarnya.

“Ada 5 aspek Kluster dari program prioritas KBN yang meliputi, klaster edukasi seperti penyiapan fasilitas Rumah Pintar (RUMPIN), klaster ekonomi, membantu nelayan dalam proses penugasan surat ijin tangkap atau mengembangkan budidaya ikan, rumput laut, lobster, serta komoditas laut lainnya, klaster kesehatan, adanya penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat, klaster pariwisata, mempelajari potensi pariwisata di desa-desa binaan dan klaster pertahanan, yakni penataan pendataan dan pembinaan komponen pendukung warga negara seperti, Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Buatan (SDB) dan Sarpras”, ujarnya.

“Seluruh  program KBN di kelurahan Untia ini yaitu pembangunan Paud serta perbaikan dan memperindah fasilitas dermaga yang ada di kampung nelayan ini, rumah produksi,  sarana olahraga, perpustakaan, hutan mangrove serta pelayanan kesehatan yang hari ini dilaksanakan penyuluhan tentang BPJS”, ujarnya.

“Dermaga kayu di Untia ini kini sudah dapat dipergunakan bagi para nelayan yang tinggal di kampung nelayan ini dan bisa sebagai tempat kluster pariwisata bagi masyarakat Keluarahan Untia dan Kota Makassar karen jembatan dan dermaganya sudah dipercantik”, ungkapnya.

“Secara keseluruhan, 5 Kluster telah dibuat dan disempurnakan jadi siap untuk diresmikan yang rencananya akan dilaksanakan  pada tanggal 28 April 2021 mendatang”, tambahnya.(rls)

Pos terkait