Sekolah Alam Bosowa, Didik Anak Sejak Dini Peduli Lingkungan

  • Whatsapp
Sekolah Alam Bosowa, Didik Anak Sejak Dini Peduli Lingkungan

 

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Mengingat pentingnya peduli lingkungan sejak dini, maka tidak ada salahnya, jika orang tua murid memilih konsep sekolah alam.

Bacaan Lainnya

Di Sulawesi Selatan, konsep sekolah tersebut sudah hadir sejak 2014 yakni Sekolah Alam Bosowa yang terletak di Jalan Danau Tj Bunga Kota Makassar.

Principal Secondary School SAB Makassar, Hairul mengatakan jika sekolah pada umumnya identik dengan bangunan yang berisi banyak ruang kelas.

“Maka Sekolah Alam Bosowa berbeda tentunya. Proses belajar mengajar digelar di alam terbuka dengan menerapkan kurikulum yang tersistematis pastinya yang fokus pada kepeduliaan lingkungan pastinya,” terangnya, Kamis (29/4/2021).

Tidak hanya itu, SAB juga menerapkan kurikulum yang fokus pada pembinaan akhlak, kepemimpinan, logika berpikir, Sosial dan berjiwa wirausaha dan keterampilan yang semuanya dikombinasikan dengan kurikulum nasional.

“Keunggulan lainnya, SAB memiliki metode pembelajaran Fun Learning yaitu metode nondirect teaching yang ramah anak, berfokus mengembangkan enam domain belajar dan tujuh essential life skill pada setiap anak,” jelasnya.

Selain itu, SAB juga memberikan pengalaman belajar kepada anak melalui metode sentra atau “Beyond Center and Circle Time” (BCCT).

“Berbagai program untuk meningkatkan kemampuan anak juga dilakukan, seperti outbound, supercamp, farming, life skill, outing, dam market day,”terangnya.

Sementara itu, Orang Tua Siswa, Anshari Ahmad mengaku BSM dan SAB menjadi tempat yang tepat memberikan pendidikan berkualitas bagi anaknya, karena ada banyak hal yang diperoleh anaknya yang tidak diterapkan disekolah pada umumnya.

Khususnya, lanjut dia, perihal penerapan pendidikan berbasis alam bagi anaknya yang usia dini.

“Jika orang tua pada umunnya menyekolahkan anaknya pada sekolah umum. Saya memilih konsep sekolah Alam. Dan SAB solusinya. Karena pembentukan karakter pada anak benar terbukti, dan pengetahuan umum juga tidak ketinggalan pastinya,” kuncinya.

Ia berharap, semoga semakin banyak masyarakat dalam hal ini orang tua anak yang memilih pendidikan anaknya dengan konsep Sekolah Alam.

“Karena kepeduliaan pelestarian lingkungan harus ditanamkan sejak dini untuk keberlangsungan alam pastinya. Dan SAB memberikan solusi perihal tersebut,” kuncinya. (Mimi)

Pos terkait