Menyambut Bulan Ramadan

  • Whatsapp
Menyambut Bulan Ramadan

 

Penulis: Abd. Rauf, Lc

Bacaan Lainnya

(Penghulu Ahli Madya Bontoala Kota Makassar)

 

“Kita selalu membersihkan rumah kita jika hendak mengundang seseorang. Begitu juga kita harus membersihkan hati kita jika ingin mengundang Allah” (Ungkapan Sufi)

Menyambut Bulan Ramadan

“Semakin baik persiapan kita terhadap sesuatu semakin baik pula hasil yang dicapai”

Ramadan adalah tamu yang harus disambut dengan sambutan terbaik sebab dia adalah Sayyidus Syuhuur (penghulu seluruh bulan) dan membawa berkah, penuh keistimewaan. Karena itu, persiapan penyambutannya juga harus istimewa dan maksimal pula.

Menjelang Ramadan Rasulullah Saw pernah berpidato yang diantara isi pidato tersebut adalah:

“قد جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ، شَهَرٌ مُبَارَكٌ، افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ، وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرم خَيرَها فَقَدْ حُرم“

“Sungguh telah datang kepadamu Ramadan, bulan yang penuh berkah. Di dalamnya Allah mewajibkan kalian berpuasa, pintu-pintu sorga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Di dalam Ramadan terdapat malam yang nilainya lebih dari seribu bulan. Maka barangsiapa tidak berhasil mendapatkan kebaikannya, sungguh ia tidak akan mendapatkan kebaikan selama-lamanya” (HR. Ahmad dan An Nasai)

Salah seorang Ulama berkata dalam kaitan dengan penyambutan Ramadan:

أيها المسلمون ، لقد أظلكم شهر عظيم مبارك ، شهر الصيام والقيام ، شهر العتق والغفران ، شهر الصدقات والإحسان،… فاستقبلوه – رحمكم الله – بالفرح والسرور، والعزيمة الصادقة على صيامه وقيامه ، والمسابقة فيه إلى الخيرات والمبادرة فيه إلى التوبة النصوح من سائر الذنوب والسيئات والتناصح والتعاون على البر والتقوى ، والتواصي بالأمر بالمعروف ، والنهي عن المنكر ، والدعوة إلى كل خير ؛ لتفوزوا بالكرامة والأجر العظيم .

Wahai ummat Islam telah datang kepada kalian bulan agung bulan berkah bulan puasa bulan qiyam bulan pembebasan bulan ampunan bulan sedekah bulan ihsan… maka sambutlah dengan riang gembira, tekad yang kuat untuk puasa dan qiyam, berlomba-lomba dalam kebaikan, bersegera bertaubat dari segala bentuk dosa dan keburukan, saling nasehat menasihati dan tolong menolong dalam taqwa, amar makruf nahi mungkar, dakwah kepada kebaikan agar kalian selamat dengan kemuliaan dan pahala yang besar.

Jika Ramadan adalah tamunya maka hati kita adalah rumahnya. Sang tamu harus mendapatkan perlakuan yang pantas atas status istimewa yang disandangnya..

Maka, bukalah pintu hati selebar-lebarnya, bersihkanlah dari debu-debu dan kotoran dan bau yang tidak sedap. Tampakkan kegembiraan, berikan yang terbaik agar tamu kita ketika beranjak pergi membawa kesan baik terhadap tuan rumah. Suguhkan kepada tamu Ramadan hidangan terbaik yang kita mampu. Hidangan Ramadan tidak lain adalah puasa, baca Al Quran, shalat tarawih, witir, qiyamulllail, infaq shadaqah, memberi buka puasa, I’tikaf, taubat, dzikir, taubat dan doa-doa.

Mari bersyukur atas nikmat Ramadan tahun ini dengan bergembira dan bertekad memanfaatkan setiap kesempatan ibadah dengan sebaik-baiknya yaitu dengan berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan Ramadan sebagai momentum untuk mendidik diri, keluarga dan masyarakat memantapkan keimanan, amal saleh dan taqwa kepada Allah Swt.

Ketahuilah wahai saudaraku, banyak orang tidak seberuntung Anda. Betapa banyak orang yang pada tahun lalu, mungkin juga bulan yang lalu bahkan kemarin, masih bersama orang-orang dekatnya, tapi pada hari ini mereka telah tiada. Tidak sempat lagi ber-Ramadan karena Allah SWT telah memanggilnya. Kemarin barangkali ia masih bersama suami atau istri yang dicintainya, sekarang tidak lagi. Kemarin dia masih bersama kedua orang tuanya, sekarang mereka telah tiada. Kemarin dia masih bersama saudara-saudara yang dicintainya, pada hari ini tidak lagi. Oleh sebab itu, bersyukurlah kepada Allah yang masih mengistimewakan Anda bertemu kembali dengan Tamu mulia Ramadan. Sambutlah dengan sepenuh hati, jiwa dan raga Anda. Selamat menikmati hidangan Ramadhan!(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *