MT Ukhuwah UMI Workshop Public Speaking

  • Whatsapp
MT Ukhuwah UMI Workshop Public Speaking

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi terutama bagi internal anggota dan berbagai kalangan lainnya, Majelis Taklim (MT) Ukhuwah UMI gelar Workshop Public Speaking dan Konsep Diri Muslimah di Era Digital, Sabtu (24/4) secara virtual di Lantai 9 Menara UMI, Jl Urip Sumoharjo.

Kegiatan yang dipandu Nur Setiawati,M.Ag,Ph.D tersebut menghadirkan dua narasumber dengan keynote Speaker, Plt Ketua PKK Pemprov Sulsel, Naoemi Octarina A Sudirman Sulaiman,MT dan Workshop Trainer, Dosen keperawatan Universitas Riau, Ari Pristiana Dewi, M.Kep,Ns,

Bacaan Lainnya

Ketua Majelis Taklim Ukhuwah UMI, Dr Amirah Kallabe menjelaskan, kegiatan daring dan luring yang mendapat apresiasi dari berbagai kalngan ini,merupakan rangkaian kegiatan MT yang memasuki HUT ke-dua.

”Terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung (support) sehingga acara ini berlangsung sukses. Semoga bernilai ibadah,” tandas Amirah Kallabe.

Rektor UMI, Prof Basri Modding saat pembukaan sangat respon positif terlaksananya workshop public speaking yang dilakasanakan majelis Taklim Ukhuwah UMI.

Dikatakannya, konsep public speaking ini sangat luar biasa. Dengan demikian, sangat diharapkan pasca workshop, tak akan adalagi kesalahan dalam berkomunikasi. Jangan lagi komunikasikan sesuatu yang kita sendiri tak mengetahui asal-usul sebuah informasi, termasuk info di medsos.

”Hal itu penting, karena sesungguhnya, kelak, hati dan pendengaran manusia, kelak dimintai pertanggungjawaban
dihadapan Allah Swt. Sangat diharapkan, jika ada orang bicara, tak suka lagi potong-potong pembicaraan, tapi lebih banyak mendengar,” tandas rektor.

Dibagian lain, mantan Direktur Pascasarjana UMI itu mengungkapkan, ada penelitian di Amerika, umumnya
perusahaan butuh manusia yang miliki keterampilan (skil) atau kemampuan berkomunikasi dan berintegritas.

Sementara itu, Plt Ketua PKK Pemprov Sulsel, Naoemi Octarina A Sudirman Sulaiman,MT memeparkan, terkait public speaking ini, mendidik kita berbicara di depan umum serta bagaimana memahmi apa yang kita infokan ke pubik sehingga dapat dipahami publik atau audience

”Selain itu, ilmu public speaking ini mengajarkan pulabagaimana cara memilih dan melontarkan kata dan kalimat yang tepat sesuai yang kita komunikasikan,” ujarnya.

Komunikasi yang baik karena ditunjang kemampuan public speaking, akan mampu pengaruhi orang lain, termasuk suami,istri dan anak-anak kita.

”Terhadap anak misalnya, jika ingin menasihati, sebaiknya jangan ditegur di depan orang, tapi sangat bijak jika berdua lalu menasihati. Pola komunikasi Ini ada kaitannya dengan konsep diri. Dalam artian bagaimana memandang diri dan orang llain,” tandas Naoemi Octarina.

Ketua Panitia, Dr Setiawaty menjelaskan, alhamdulillah, workshop yang mendapat apresiasi dan dihadiri langsung Pembina MT Ukhuwah UMI, Prof Dr Hj Masrurah Mochtar ini mendapat atensi yang cukup besar dari berbagai elemen.

”Peserta workshop dari penyuluh se Sulsel dan organisasi guru dari Sabang hingga Merauke,mahasiswa, dosen. Alhamdulillah, ada juga peserta dari Malaysia,” ujar Ketua Panitia, NurSetiawati,M.Ag,Ph.D. (rls).